Resep Gogos kambu Anti Gagal

Jorge Franklin   18/09/2020 11:46

Gogos kambu
Gogos kambu

Anda sedang mencari inspirasi resep gogos kambu yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal gogos kambu yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari gogos kambu, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan gogos kambu enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Resep Gogos kambu. lagi.buat bekal rekreasi hari ini,gogos kambu ikan tuna suwir pedas pass berpadu dngn ketan.di panggang hingga wanginya menggugah selera. VIDEO: Menikmati Gogos Kambu Khas Mamuju. Gogos Kambu sepintas mirip lemper dengan ketan berisi ikan.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat gogos kambu sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Gogos kambu memakai 21 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Gogos kambu:
  1. Gunakan bhn gogos :
  2. Gunakan 2 liter santan kental
  3. Sediakan 1 sdm garam halus
  4. Ambil 3 ltr beras ketan
  5. Gunakan daun pisang yg agak muda
  6. Siapkan stepler/lidi
  7. Ambil bhn isian :
  8. Gunakan 2 ekor tuna/cakalang (rebus lalu tumbuk halus)
  9. Gunakan 1/2 btr kelapa parut (sangrai dan haluskan)
  10. Ambil 3 sdm gula merah serut
  11. Ambil 5 siung bawang putih
  12. Gunakan 3 btr bawang merah
  13. Siapkan 1 ruas jahe
  14. Sediakan 1 ruas lengkuas
  15. Sediakan 1 btng sereh
  16. Gunakan 1 sdt ketumbar btr
  17. Siapkan 1 sdt merica btr
  18. Siapkan 4 btng daun seledri (iris tipis2)
  19. Gunakan 15 bj cabai rawit
  20. Siapkan bawang goreng sckpnya
  21. Siapkan garam dan penyedap sckpnya

Gogos atau gogoso adalah makanan tradisional khas Makassar yang mirip mirip dengan lemper dari Jawa maupun lalampa dari Menado. Bentuknya lebih panjang dan agak langsing dibandingkan dengan lemper. Gogos ada yang tanpa isian dan ada juga dengan isian. Nah yang menggunakan isian inilah dinamakan gogoso kambu atau gogos isi.

Langkah-langkah menyiapkan Gogos kambu:
  1. Cuci bersih beras ketan lalu kukus hingga 1/2 matang..angkat,siapkan wadah yg agak besar masukkan santan kental beri garam aduk rata,masukkan ketan yg setengah matang td,aduk rata lalu kukus kembali hingga benar2 matang.
  2. Siapkan bhn isian,haluskan semua bhn bumbu campur dngn kelapa dan ikan yg tlh di haluskan,tambahkan irisan seledri dan bawang goreng dan gula merah,aduk sambil di remas2 agar tercampur rata.
  3. Sangrai di atas api sedang hingga kering menyerupai abon,tambahkan garam dan penyedap sckpnya.angkat dinginkan.
  4. Angkat ketan jika sdh matang..biarkan hangat lalu bungkus daun pisang jangn lupa beri isian ditengahnya,stepler kedua ujungnya lalu panggang.
  5. Enaak dan wangi, enak jg di nikmati hangat2 bersama telur rebus..

Gogos yang ada isian disebut dengan gogos kambu atau gogos isi. Isinya biasanya ikan tongkol yang dicampur dengan kelapa sangrai dan bumbu. Gogoso merupakan makanan tradisional yang dimasak dengan pembakaran. Bahan dasarnya adalah beras ketan yang dimasak terlebih dahulu dengan santan agar meresap, tapi tidak sampai matang. Kuliner Sulawesi Barat ini terbuat dari beras ketan dan santan yang dicampur kemudian dibungkus dengan daun pisang.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Gogos kambu yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved