Resep Abon ikan (bajabu) yang Enak Banget

Virginia Marsh   15/06/2020 04:55

Abon ikan (bajabu)
Abon ikan (bajabu)

Lagi mencari inspirasi resep abon ikan (bajabu) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal abon ikan (bajabu) yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari abon ikan (bajabu), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan abon ikan (bajabu) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Bajabu Santan ( abon ikan) merupakan salah satu jenis lauk yang bahan utamanya terbuat dari ikan. lauk ini sangat enak disajikan dengan nasi hangat. selain c. Resep Abon Ikan a.k.a BAJABU BUGIS. Menu Lebaran kami sekeluarga yang tidak boleh dilewatkan.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat abon ikan (bajabu) yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Abon ikan (bajabu) memakai 10 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Abon ikan (bajabu):
  1. Siapkan 1 ekor ikan tuna atau cakalang
  2. Sediakan 5 siung Bawang merah
  3. Ambil 3 siung bawang putih
  4. Sediakan Secukupnya merica
  5. Sediakan Secukupnya ketumbar
  6. Gunakan 10 bh cabe rawit (kurangi klu gak suka pedas)
  7. Siapkan Santan 150 ml (aku pake 2 bh santan kara di+ air sampe 150 ml)
  8. Sediakan secukupnya Garam, penyedap
  9. Siapkan 1 btng sereh
  10. Gunakan 1/2 sdt kunyit bubuk

Abon ikan ini sangat cocok disajikan sebagai lauk utama. Nggak perlu nambah lauk lain lagi, cukup disajikan sebagai teman nasi hangat, tuangkan abon ikan di atasnya. Aduk rata bersama nasi, atau makan secara perlahan. Makassar ibu kota provinsi Sulawesi Selatan, terkenal akan keindahan pantainya.

Cara membuat Abon ikan (bajabu):
  1. Bersihkan ikan kemudian beri garam, jeruk dan kunyit bubuk
  2. Rebus ikan angkat kemudian pisahkan dari tulangnya kemudian ditumbuk agak halus.
  3. Haluskan cabe rawit, bawang merah, bawang putih merica dan ketumbar
  4. Masak bumbu,ikan beri santan, sereh…masak hingga meresap santannya
  5. Masukan garam, penyedap tes rasa masak kembali hingga kering

Disana juga terdapat makanan khas berupa abon ikan yang terbuat dari ikan tuna segar. Bagi anda penggemar abon, ada baiknya mencoba abon ikan khas makassar ini. Disamping harganya murah rasanya pun tak kalah enak dari abon sapi. Dibuat dengan menggunakan ikan tuna pilihan yang segar… Bajabu adalah makanan khas Makassar yang bahan dasarnya adalah ikan. Bajabu adalah sejenis abon yang terbuat dari ikan. tetapi rasanya lebih gurih dan biasanya dicampur dengan kelapa atau santan.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan abon ikan (bajabu) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved