Resep Sayur santan daun singkong (gurih), Bikin Ngiler

Dora Buchanan   01/09/2020 11:09

Sayur santan daun singkong (gurih)
Sayur santan daun singkong (gurih)

Anda sedang mencari ide resep sayur santan daun singkong (gurih) yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur santan daun singkong (gurih) yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Sayur daun Singkong Terasi Santan enak lainnya. Lihat juga resep Sayur Daun Singkong Teri Santan enak lainnya! Resep Sayur Daun Singkong - Daun singkong memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita seperti, sebagai sumber tenaga, membantu proses metabolisme tubuh, sumber antioksidan, meregenerasi sel-sel tubuh, dan juga membantu proses pencernaan.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur santan daun singkong (gurih), pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan sayur santan daun singkong (gurih) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan sayur santan daun singkong (gurih) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Sayur santan daun singkong (gurih) menggunakan 15 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Sayur santan daun singkong (gurih):
  1. Siapkan 2 ikat daun singkong
  2. Gunakan 1 buah santan kara
  3. Siapkan 1 jari kunyit
  4. Sediakan 1 jari jahe
  5. Gunakan 1 buah lengkuas/laos
  6. Sediakan 1 batang sereh
  7. Ambil 2 buah daun salam
  8. Sediakan 1/4 sdt ketumbar
  9. Siapkan 9 buah bawang merah
  10. Sediakan 5 buah bawang putih
  11. Siapkan 1 L air
  12. Gunakan secukupnya Minyak goreng
  13. Sediakan secukupnya Garam
  14. Ambil secukupnya Gula
  15. Ambil secukupnya Penyedap rasa

Didihkan santan encer, masukkan tumisan bumbu halus, aduk rata. Masukkan teri nasi goreng, masak sebentar hingga santan agak menyusut. Menu masakan santan menjadi favorit dirumah. Karena bpk memang asli suku jawa, jadi setiap seminggu sekali pasti wajib masak sayur santan apapun.

Langkah-langkah membuat Sayur santan daun singkong (gurih):
  1. Pisahkan daun dan batang singkong, cuci, rebus hingga sedikit layu (1 menit) dan beri sedikit garam
  2. Setelah 1 menit, angkat daun singkong, rendam di air dingin, tiriskan, lalu potong-potong kasar
  3. Tumbuk bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, dan ketumbar hingga halus
  4. Geprek lengkuas dan batang sereh
  5. Panaskan minyak dengan api kecil, tumis bumbu halus hingga wangi, masukan batang sereh, lengkuas dan daun salam, lanjutkan menumis hingga matang
  6. Tambahkan air dan santan, aduk rata hingga mendidih, beri garam, gula, penyedap rasa dan koreksi rasa, lalu aduk rata
  7. Masukan daun singkong yang telah di iris, aduk rata, hingga daun singkong menjadi lunak (saya tidak suka yang terlalu lunak dan terlalu keras, kurang lebih 10 menit) lalu angkat

Sayur daun singkong ini menjadi salah satu menu favorit juga dirumah. Sayur singkong di masak pedas pasti membuat anda penasaran dan ingin cepat-cepat membuatnya. Rasa pedas dari resep ini di dapat dari cabai rawit, selain rasa pedas anda juga akan di suguhkan rasa gurih karena terdapat santan sebagai kuahnya, rasanya yang pas di dapat dari bumbu-bumbu pilihan. Salah satu olahan daun singkong paling enak yaitu dibuat dengan bumbu gulai. Gulai daun singkong berkuah santan yang gurih-pedas ini sangat cocok dengan lauk apapun di rumah.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat sayur santan daun singkong (gurih) yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved