Resep Sayur santan daun singkong yang Menggugah Selera

Alice Ramirez   26/09/2020 00:58

Sayur santan daun singkong
Sayur santan daun singkong

Lagi mencari ide resep sayur santan daun singkong yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur santan daun singkong yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Umbi dikenal sebagai sumber karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran. Resep Sayur Daun Singkong - Daun singkong memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita seperti, sebagai sumber tenaga, membantu proses metabolisme tubuh, sumber antioksidan, meregenerasi sel-sel tubuh, dan juga membantu proses pencernaan. Menu masakan dengan menggunakan santan adalah salah satu jenis masakan yang cukup populer di Indonesia, mulai dari bahan dasar daging, ikan, telur, dan.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur santan daun singkong, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan sayur santan daun singkong yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan sayur santan daun singkong sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Sayur santan daun singkong menggunakan 16 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Sayur santan daun singkong:
  1. Siapkan Daun singkong, ambil yg mudanya aja
  2. Ambil Ikan asin (ga pake juga gpp)
  3. Gunakan 3 buah tahu putih, potong dadu
  4. Siapkan 5 siung bawang merah
  5. Ambil 3 siung bawang putih
  6. Sediakan 1/2 butir kemiri
  7. Sediakan 1 sdt ketumbar
  8. Siapkan 1 ruas jari kunyit
  9. Ambil 1 ruas jari jahe
  10. Ambil 3 lembar daun salam
  11. Gunakan 1 bungkus santan kara uk. Kecil
  12. Siapkan Secukupnya garam (saya pake garam kasar)
  13. Ambil Cabe rawit sesuai selera (pedas lebih enak)
  14. Siapkan 600 ml air
  15. Gunakan 1 sdm gula
  16. Ambil Secukupnya penyedap rasa

Coba, deh, resep yang satu ini. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum. Didihkan santan encer, masukkan tumisan bumbu halus, aduk rata. Masukkan teri nasi goreng, masak sebentar hingga santan agak menyusut.

Cara membuat Sayur santan daun singkong:
  1. Rebus daun singkong hingga matang, tiriskan, cuci bersih, peras lalu potong2
  2. Rendam ikan asin dgn air panas (utk mengurangi rasa asinnya), cuci bersih… Suwir2 lalu goreng smp kering
  3. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kunyit, ketumbar, cabe rawit, garam…
  4. Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan air, gula & daun salam… Tunggu mendidih…
  5. Masukkan rebusan daun singkong, ikan asin yg udh digoreng sebelumnya, potongan tahu putih, aduk rata… Tunggu mendidih… Tambah penyedap rasa (kalo dirasa masih kurang pas rasanya)
  6. Tambahkan santan kara, aduk2, tunggu mendidih…
  7. Angkat. Sajikan.. Tabur bawang goreng…

Daun singkong ini biasanya hanya dibuang begitu saja, namun kali ini daun singkong akan kami buat menjadi sebuah masakan enak berupa sayur daun singkong kuah santan. Makanan ini memiliki rasa yang enak dan gurih terutama jika dipadukan dengan bumbu-bumbu yang pas. Salah satu olahan daun singkong paling enak yaitu dibuat dengan bumbu gulai. Gulai daun singkong berkuah santan yang gurih-pedas ini sangat cocok dengan lauk apapun di rumah. Resep gulai singkong berikut ini begitu mudah.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat sayur santan daun singkong yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved