Langkah Mudah untuk Menyiapkan Ayam Bumbu Rujak Anti Gagal

Ellen White   16/06/2020 02:43

Ayam Bumbu Rujak
Ayam Bumbu Rujak

Anda sedang mencari ide resep ayam bumbu rujak yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam bumbu rujak yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ayam Bumbu Rujak (Chicken in Rujak Sauce) "Rujak" means "fruit salad" which is popular in Indonesia, Malaysia and Singapore. There are many kinds of rujak depends on the ingredients and the way to make it. Rujak has different sauces, but they are normally sour, sweet and spicy from the tamarind, palm sugar and chili.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam bumbu rujak, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan ayam bumbu rujak yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan ayam bumbu rujak sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Ayam Bumbu Rujak memakai 9 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Ayam Bumbu Rujak:
  1. Gunakan 1/2 kg ayam (aku pakai dada ayam)
  2. Siapkan 100 gr cabe merah
  3. Siapkan 7 buah cabe rawit (suka² ya)
  4. Siapkan asam jawa (larutkan dg air hangat)
  5. Siapkan terasi
  6. Gunakan gula
  7. Gunakan garam
  8. Gunakan jeruk nipis
  9. Ambil kecap asin

Sebenarnya, bumbu rujak tidak hanya dipadukan dengan ayam saja, namun juga bisa anda padukan dengan ikan bakar, bebek bakar, dan lain-lain. Ternyata, bumbu rujak ini berasal dari daerah Jawa Timur, kemudian kepopulerannya semakin berkembang ke berbagai daerah di Indonesia dan menjadi makanan favorit beberapa orang dan kalangan. Tak heran jika ayam telah disajikan dengan ragam cara dan tampilan. Salah satu yang bisa Anda coba adalah ayam bumbu rujak.

Langkah-langkah membuat Ayam Bumbu Rujak:
  1. Lumuri ayam dengan jeruk nipis dan tambahkan kecap asin, diamkan sejenak
  2. Siapkan bumbu
  3. Haluskan cabe merah, cabe rawit dan terasi
  4. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan ayam, tambahkan larutan air asam Jawa, kemudian tambahkan gula dan garam
  5. Biarkan sampai airnya berkurang, (klo orang Jawa bilang nyemek² 😀)
  6. Ayam Bumbu Rujak siap di hidangkan

Sesuai namanya, bumbu pada kreasi sajian ayam kali ini terasa segar, tapi masih cocok dimakan bersama nasi hangat. Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak Paling Enak - Biasanya resep ayam bumbu rujak ini disajikan pada saat acara selamatan. Tapi dalam moment-moment tertentu juga enaknya ayam bakar yang satu ini tak jarang disajikan. Resep ayam bumbu rujak yang mempunyai cita rasa yang gurih dengan bumbunya yang sedikit pedas, di jamin akan menggugah selera makan Anda. Keluarga kami penggemar masakan dari bahan Daging Ayam.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan ayam bumbu rujak yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved