Cara Gampang Menyiapkan Sayur Daun Singkong kuah Santan, Menggugah Selera

Virginia Cross   18/10/2020 04:00

Sayur Daun Singkong kuah Santan
Sayur Daun Singkong kuah Santan

Sedang mencari ide resep sayur daun singkong kuah santan yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur daun singkong kuah santan yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Menu masakan santan menjadi favorit dirumah. Karena bpk memang asli suku jawa, jadi setiap seminggu sekali pasti wajib masak sayur santan apapun. Sayur daun singkong ini menjadi salah satu menu favorit juga dirumah.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur daun singkong kuah santan, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan sayur daun singkong kuah santan yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah sayur daun singkong kuah santan yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Sayur Daun Singkong kuah Santan menggunakan 13 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Sayur Daun Singkong kuah Santan:
  1. Gunakan 1 ikat daun singkong
  2. Gunakan 1 bungkus santan kara 65 ml
  3. Gunakan 1 gelas air
  4. Ambil Seasoning
  5. Sediakan 3 butir bawang putih
  6. Gunakan 2 butir bawang merah
  7. Sediakan 5 cabe rawit
  8. Siapkan 2 cabe merah
  9. Gunakan 1 buah kemiri sangrai
  10. Sediakan 2 cm kunir
  11. Sediakan 1 lembar daun salam
  12. Ambil 2 cm laos
  13. Siapkan Sesuai selera garam

Menu masakan dengan menggunakan santan adalah salah satu jenis masakan yang cukup populer di Indonesia, mulai dari bahan dasar daging, ikan, telur, dan. Resep sayur daun singkong dengan kuah santan: mengolah daun singkong dan mejadikanya sajian pelengkap dalam menu makan telah lazim dilakukan oleh masyarakat Indonesia, khususnya bagi yang hidup di pedesaan. Masyarakat umumnya menjadikan daun singkong sebagai lalapan segar yang dimakan dengan sambal tomat, ikan asin, dan sepiring nasi. Daun singkong ini biasanya hanya dibuang begitu saja, namun kali ini daun singkong akan kami buat menjadi sebuah masakan enak berupa sayur daun singkong kuah santan.

Langkah-langkah membuat Sayur Daun Singkong kuah Santan:
  1. Petik daun singkong. Cuci kemudian rebus tambahkan garam terlebih dahulu supaya tidak pahit.
  2. Kemudian potong-potong daun singkong yang sudah direbus tadi.
  3. Haluskan semua bumbu (kecuali daun salam dan laos cukup digeprek saja)
  4. Tumis bumbu halus bersama daun salam dan laos, aduk terus sampai harum.
  5. Kemudian masukan santan dan air, aduk terus.
  6. Jika sudah mendidih masukan daun singkong yg sudah dipotong potong. Aduk dan test rasa.
  7. Sajikan

Resep daun singkong ceker kuah santan Resep daun singkong ceker kuah santan. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum. Didihkan santan encer, masukkan tumisan bumbu halus, aduk rata. Masukkan teri nasi goreng, masak sebentar hingga santan agak menyusut. Lihat juga resep Sayur Santan Daun Singkong + Tempe enak lainnya!

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sayur daun singkong kuah santan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved