Resep Sayur Daun Singkong Santan yang Sempurna

Lewis Brady   02/11/2020 00:05

Sayur Daun Singkong Santan
Sayur Daun Singkong Santan

Lagi mencari ide resep sayur daun singkong santan yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur daun singkong santan yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur daun singkong santan, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan sayur daun singkong santan enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Lihat juga resep Sayur daun singkong masak santan enak lainnya. Sayur daun singkong memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Tak hanya memiliki banyak manfaat, sayur ini juga sangat nikmat dan mudah untuk divariasikan dengan bahan makanan apa saja.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sayur daun singkong santan yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Sayur Daun Singkong Santan menggunakan 14 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Sayur Daun Singkong Santan:
  1. Ambil 1 ikat daun singkong
  2. Sediakan 2 lembar daun salam
  3. Siapkan 2 lembar daun jeruk
  4. Ambil 1 batang serai geprek
  5. Gunakan 1 ruas lengkuas
  6. Ambil Secukupnya gula
  7. Gunakan Secukupnya garam
  8. Ambil Secukupnya kaldu jamur
  9. Gunakan Bumbu halus
  10. Gunakan 4 buah bawang merah sedang
  11. Gunakan 3 buah bawang putih sedang
  12. Gunakan 6 buah cabai merah keriting
  13. Ambil 2 buah cabai rawit merah (atau sesuai selera pedas yaa)
  14. Sediakan 1 ruas kunyit

Daun singkong ini biasanya hanya dibuang begitu saja, namun kali ini daun singkong akan kami buat menjadi sebuah masakan enak berupa sayur daun singkong kuah santan. Makanan ini memiliki rasa yang enak dan gurih terutama jika dipadukan dengan bumbu-bumbu yang pas. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum. Didihkan santan encer, masukkan tumisan bumbu halus, aduk rata.

Cara menyiapkan Sayur Daun Singkong Santan:
  1. Haluskan semua bahan bumbu halus (saya pakai blender)
  2. Panaskan air untuk merebus daun singkong. Tambahkan garam. Rebus daun singkong hingga matang. Angkat dan tiriskan. Lalu potong potong daun singkong yg telah matang.
  3. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus. Masukkan serai, daun salam, daun jeruk dan lengkuas. Masak sampai matang dan harum
  4. Masukkan santan kara (65ml) kemudian Masukkan 300 cc air. Aduk aduk supaya santan tidak pecah.
  5. Terakhir masukkan daun singkong yang sudah direbus. Tambahkan garam, gula dan kaldu jamur. Koreksi rasa hingga pas.
  6. Siap disajikan 👍🏻👍🏻

Masukkan teri nasi goreng, masak sebentar hingga santan agak menyusut. Salah satu olahan daun singkong paling enak yaitu dibuat dengan bumbu gulai. Gulai daun singkong berkuah santan yang gurih-pedas ini sangat cocok dengan lauk apapun di rumah. Resep gulai singkong berikut ini begitu mudah. Dilengkapi dengan tips-tips penting yang akan membuat masakan Anda lezat dan menggugah selera.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat sayur daun singkong santan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved