Cara Gampang Menyiapkan Sayur Daun Singkong Masak Santan yang Lezat Sekali

Frank Moreno   29/08/2020 00:55

Sayur Daun Singkong Masak Santan
Sayur Daun Singkong Masak Santan

Sedang mencari ide resep sayur daun singkong masak santan yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur daun singkong masak santan yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Daun singkong ini biasanya hanya dibuang begitu saja, namun kali ini daun singkong akan kami buat menjadi sebuah masakan enak berupa sayur daun singkong kuah santan. Makanan ini memiliki rasa yang enak dan gurih terutama jika dipadukan dengan bumbu-bumbu yang pas. Sayur daun singkong memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur daun singkong masak santan, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan sayur daun singkong masak santan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan sayur daun singkong masak santan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Sayur Daun Singkong Masak Santan menggunakan 18 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Sayur Daun Singkong Masak Santan:
  1. Siapkan 1 ikat daun singkong
  2. Sediakan 1 ruas lengkuas, geprek
  3. Ambil 1 batang sereh, geprek
  4. Gunakan 1 lembar daun salam
  5. Ambil Secukupnya minyak goreng
  6. Gunakan Secukupnya air (sekitar 400 ml)
  7. Sediakan Secukupnya kaldu ayam
  8. Ambil 0,5 sachet santan instan kemasan 65 ml
  9. Ambil 1 sdt gula jawa, sisir
  10. Siapkan 1 sdt garam
  11. Gunakan 0,5 sdm gula pasir
  12. Gunakan Bumbu halus:
  13. Gunakan 3 siung bawang merah
  14. Siapkan 2 siung bawang putih
  15. Siapkan 2 buah cabe keriting merah
  16. Sediakan 1 butir kemiri
  17. Sediakan 0,5 sdm ketumbar
  18. Gunakan 1 cm kunyit (kl mau lbh kuning, bs pakai kunyit bubuk)

Cara memasak sayur tanpa santan itu mudah dan praktis. Yang lebih penting lagi, rasa sayur tanpa santan itu tidak kalah lezat dibanding sayur santan lho. Banyak menu sayur yang bisa kamu masak tanpa menggunakan santan. Mulai dari sayur lodeh, bobor, gulai, sop, asem, sayur bening atau bayam, dan masih banyak lagi lainnya.

Cara membuat Sayur Daun Singkong Masak Santan:
  1. Siangi dan cuci daun singkong (pilih yang daunnya muda saja). Didihkan air dan tambahkan sedikit garam. Rebus daun singkong hingga empuk. Tiriskan dan peras airnya. Iris2 daun singkong sesuai selera.
  2. Panaskan sedikit minyak goreng. Tumis bumbu halus, lengkuas, sereh, dan daun salam hingga matang.
  3. Masukkan daun singkong, secukupnya air, dan santan instan. Tambahkan gula pasir, gula jawa, garam, dan kaldu ayam. Aduk2, biarkan sampai mendidih kemudian tes rasa. Masak hingga air sedikit menyusut.

Salah satu olahan daun singkong paling enak yaitu dibuat dengan bumbu gulai. Gulai daun singkong berkuah santan yang gurih-pedas ini sangat cocok dengan lauk apapun di rumah. Resep gulai singkong berikut ini begitu mudah. Dilengkapi dengan tips-tips penting yang akan membuat masakan Anda lezat dan menggugah selera. Resep Sayur Daun Singkong - Salah satu olahan daun singkong yang paling mudah dan enak dibuat selain ditumis dan dimasak dengan bumbu kuning ya ini "Resep Sayur Daun Singkong".

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sayur daun singkong masak santan yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved