Resep Mangut Lele yang Sempurna

Gavin Soto   14/10/2020 12:04

Mangut Lele
Mangut Lele

Lagi mencari ide resep mangut lele yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut lele yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut lele, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan mangut lele yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Resep dengan petunjuk video: Salah satu makanan khas Matraman (Jogja-Solo) dan Semarang ini mirip seperti Pecel Lele tapi diberikan bumbu Mangut. Garingnya lele dengan bumbu mangut yang enak dan khas membuat makan siang atau malammu lebih nikmat. Lihat juga resep Mangut Lele enak lainnya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan mangut lele sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Mangut Lele memakai 23 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Mangut Lele:
  1. Gunakan 1/2 Kg Lele
  2. Ambil 500 cc Santan encer
  3. Sediakan 200 cc Santan Kental
  4. Ambil Bumbu uleg
  5. Siapkan 8 bt Bawang Merah
  6. Sediakan 4 Siung Bawang Putih
  7. Ambil 2 bt Kemiri
  8. Siapkan 12 bh Cabe Rawit (bisa dicampur cabe keriting)
  9. Sediakan 2 Jempol Kunyit (Kunyit Bubuk)
  10. Siapkan 1 Ruas Jahe
  11. Siapkan 1 Ruas Kencur
  12. Sediakan 1/2 sdt Ketumbar bubuk
  13. Siapkan Bumbu Aromatik
  14. Gunakan 2 lb Daun salam
  15. Siapkan 1 ruas Laos
  16. Siapkan 5 lb Daun Jeruk
  17. Siapkan 1 bt Sere
  18. Siapkan Segenggam Daun Kemangi
  19. Sediakan 1 bh Tomat (optional)
  20. Sediakan Secukupnya Gula
  21. Sediakan Secukupnya Garam
  22. Sediakan Secukupnya Bubuk Kaldu
  23. Gunakan Minyak untuk menumis

Berbahan dasar ikan lele yang dimasak seperti sayur santan pedas, namun menggunakan kencur yang akan menambah kekhasan rasanya. Jika memakai lele goreng, pastikan anda tidak menggorengnya terlalu lama hingga kering. Mangut lele memang merupakan kuliner khas Jawa Tengah yang juga banyak tersedia di beberapa daerah lainnya. Di Magelang, Semarang dan juga di Jogja.

Cara menyiapkan Mangut Lele:
  1. Siapkan Lele cuci bersih diberi bumbu garam,ketumbar bubuk dan kunyit bubuk, lalu di goreng sisihkan.
  2. Uleg bumbu hingga halus, kemudian tumis, sisakan cabe utuh.
  3. Jika bumbu sudah harum, masukkan bumbu aromatik, siapkan santan/ pake yg instan.
  4. Kemudian masukkan santan encer, beri gula,garam, bubuk kaldu, test rasa, masukkan lele goreng, santan kental, daun kemangi, cabe rawit utuh, bila sdh mendidih matikan kompor.
  5. Mangut lele siap di nikmati buat bukber #DirumahAja, jangan lupa beri taburan bawang goreng😋🤗

Nah berbicara masalah mangut lele yang legendaris di Jogja ada satu nama yakni warung dari Mbah Marto. Kalau bosan makan lele kalian boleh pesan mangut beraneka bahan. Mulai dari mangut gurame, telur bebek, ayam kampung, dan nila. Selain mangut kalian bisa mencoba sajian khas hajatan seperti ingkung ayam kampung, sego bancakan, sego kenduri ayam kampung, dan masih banyak lainnya. Namun jangan kaget, walaupun jauh dari pusat kota, banyak sekali penggemar masakan beliau yang sudah antri untuk menikmati setiap harinya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Mangut Lele yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved