Langkah Mudah untuk Membuat Mangut Lele Pedas yang Enak Banget

Addie Ballard   07/10/2020 23:34

Mangut Lele Pedas
Mangut Lele Pedas

Sedang mencari ide resep mangut lele pedas yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut lele pedas yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Mangut lele adalah sajian populer yang berasal dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. Berbahan dasar ikan lele yang dimasak seperti sayur santan pedas, namun menggunakan kencur yang akan menambah kekhasan rasanya. Resep Mangut Lele Pedas, Masakan khas Bantul Mantap - Meski sudah terbiasa hidup di air tawar yang keruh tidak menjadikan ikan lele sebagai ikan yang menjijikan.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut lele pedas, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan mangut lele pedas enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah mangut lele pedas yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Mangut Lele Pedas menggunakan 19 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Mangut Lele Pedas:
  1. Ambil 5 ikan panggang (terserah ikan apa aja)
  2. Siapkan 1 buah tahu berukuran besar (potong jadi 4)
  3. Siapkan 1/2 bungkus santan instan (me:kara)
  4. Gunakan 1 ikat ini iaDaun kemangi
  5. Gunakan 2 lbr Daun salam
  6. Ambil Sereh
  7. Siapkan Bawang goreng (untuk taburan)
  8. Gunakan Bumbu halus:
  9. Gunakan 4 siung Bawang putih
  10. Siapkan 5 siung bawang merah
  11. Gunakan Cabe rawit + cabe keriting (sesuai selera pedas)
  12. Siapkan Kunyit
  13. Gunakan Lengkuas
  14. Siapkan Kencur
  15. Ambil Kemiri
  16. Gunakan Merica
  17. Gunakan 2 lbr Daun jeruk
  18. Siapkan Gula, garam, penyedap
  19. Sediakan Secukupnya air

Apalagi ketika menyantapnya saat masih hangat dan segar. Lihat juga resep Mangut Lele Pedas enak lainnya! Btw, kali ini mau share resep mangut lele. Mangut lele punya ciri khas di asap terlebih dahulu biar ada wangi-wangi asapnya gituu.

Langkah-langkah menyiapkan Mangut Lele Pedas:
  1. Rebus/kukus tahu hingga matang dan tiriskan
  2. Haluskan bumbu, kemudian tumis bersama daun salam dan sereh hingga harum
  3. Tambahkan air sebagai kuah mangut, beri gula, garam, penyedap
  4. Kemudian masukkan ikan panggang dan tahu
  5. Kemudian masukkan juga 1/2 bungkus santan instan
  6. Masak hingga matang. Sebelum mematikan kompor, masukkan daun kemangi dan taburan bawang goreng. Aduk-aduk sebentar kemudian matikan kompor.
  7. Mangut lele siap dihidangkan

Tapiii ini saya ngga pake di asap yaa, karna biar simplee wkwk😌 #J. Ya udah lah ya, bikin aja mangut, buat mengobati rindu akan masakan ibu. 🥰 Mangut Lele Pedas by Intanrony Inilah Cara Masak Mangut Lele Pedas yang Wajib Kamu Coba. Simpan ke bagian favorit Tersimpan di bagian favorit. Masukkan lele goreng yang telah ditiriskan.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Mangut Lele Pedas yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved