Resep Mangut Lele Khas Magelang Anti Gagal

Sophie Newton   26/06/2020 09:51

Mangut Lele Khas Magelang
Mangut Lele Khas Magelang

Sedang mencari ide resep mangut lele khas magelang yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut lele khas magelang yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut lele khas magelang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan mangut lele khas magelang yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Nah, selain warung mangut ikan beong di Kembanglimus Borobudur, di Magelang ada satu lagi warung makan yang menyediakan menu andalan masakan mangut ikan. Terletak di desa Prumpung, kelurahan Tamanagung, kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Memang sih, lokasinya agak jauh kalau dari pusat kota Magelang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan mangut lele khas magelang sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Mangut Lele Khas Magelang menggunakan 16 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Mangut Lele Khas Magelang:
  1. Siapkan 5 Lele Goreng ukuran sedang (ukuran besar bisa dipotong-potong)
  2. Ambil 1 Mangkuk Santan Encer
  3. Sediakan Kemangi (Selera)
  4. Sediakan 4 Lembar Daun Jeruk
  5. Ambil 2 Lembar Daun Salam
  6. Ambil 1 Ruas Lengkuas
  7. Sediakan 1 buah Tomat
  8. Ambil 6 Buah Cabe Setan
  9. Gunakan Bumbu Halus
  10. Ambil 6 Siung Bawang Merah
  11. Ambil 3 Siung Bawang Putih
  12. Gunakan 1 Ruas Kunyit
  13. Sediakan 8 Cabe Merah Keriting
  14. Sediakan 5 Cabe Keriting
  15. Sediakan 2 Buah Kemiri
  16. Siapkan 1 Ruas Jahe

Selain belajar tentang resep mangut lele khas magelang kita juga akan belajar manfaaat dari ikan lele bagi kesehatan. Sajian tersebut juga terpengaruh dengan daerah di Jawa Tengah lainnya, karena kaya akan rempah dan pedasnya pas. Seperti mangut lele ini, sajian yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke Candi Borobudur. Sebab, mangut lele juga mudah ditemukan di sekitar lokasi.

Langkah-langkah membuat Mangut Lele Khas Magelang:
  1. Tumis bumbu halus sampai aromanya wangi, masukkan lengkuas, daun salam, daun jeruk
  2. Tuang 1 mangkuk santan, tambahkan gula, garam, penyedap rasa, masukkan cabe setan
  3. Aduk santan sampai mendidik supaya tidak pecah
  4. Masukkan kemangi sampai layu
  5. Terakhir masukan lelenya dan tomat potong

Cara Membuat Mangut Ikan Lele Khas Magelang yang Enak, Lezat dan Mudah Tips Membersihkan Ikan Lele Sebelum Dibumbui: Untuk cara yang pertama, kita bisa melakukannya dengan terlebih dahulu membersihkan ikan lele segar yang sudah dipersiapkan. Setelah berkunjung ke Candi Borobudur, sempatkan untuk mencicipi enam kuliner khas Magelang berikut ini. Ada mangut lele juga opor ayam yang tak kalah enak. Mangut lelepun siap memanjakan lidah para pemujanya. Menu mangut lele merupakan salah satu menu khas di daerah Jogja dan Magelang.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Mangut Lele Khas Magelang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved