Resep Seblak kering yang Menggugah Selera

Antonio Padilla   16/10/2020 07:23

Seblak kering
Seblak kering

Sedang mencari inspirasi resep seblak kering yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal seblak kering yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari seblak kering, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan seblak kering yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Lihat juga resep Seblak kering enak lainnya. Seblak is an Indonesian savoury and spicy dish, originating from Sundanese cuisine in the western part of Java, made of wet krupuk (traditional Indonesian crackers) cooked with protein sources (egg, chicken, seafood or beef) in spicy sauce. Seblak is a specialty of Bandung city, West Java, Indonesia.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan seblak kering sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Seblak kering memakai 9 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Seblak kering:
  1. Sediakan 1/4 kerupuk mentah apa aja
  2. Ambil 1 ruas kencur
  3. Sediakan 2 siung bawang putih
  4. Sediakan 1 siung bawang merah
  5. Sediakan sedikit merica butir
  6. Siapkan secukupnya cabai rawit
  7. Sediakan secukupnya gula merah
  8. Gunakan secukupnya garam
  9. Sediakan secukupnya bon cabe

Sajian ini mudah sekali dibuat dan persiapannya sudah kami berikan dibawah ini. Lihat juga resep Cemilan Roti Kering Karamel enak lainnya. Selain itu, makanan ringan dengan cita rasa pedas merupakan salah satu makanan favorit bagi masyarakat. Dengan demikian, saya memilih membuat makanan ringan yaitu "Seblak Kering" karena bahan baku yang digunakan mudah didapatkan (bahan baku nya adalah kerupuk) dengan cita rasa pedas yang banyak diminati masyarakat.

Langkah-langkah menyiapkan Seblak kering:
  1. Masukkan kerupuk kedalam minyak dingin (kompor belum dinyalakan) tunggu minimal 2 menit. Lalu nyalakan kompor dan goreng hingga kerupuk menjadi putih dan mengambang naik. Tiriskan.
  2. Haluskan kencur, bawang putih, bawang merah, merica dan cabai rawit.
  3. Tumis bumbu halus dg api kecil hingga harum dan kering. Tambahkan gula merah, bon cabe dan garam sedikit.
  4. Masukkan kerupuk, aduk2 rata dg bumbu. Angkat dan sajikan.
  5. Mmmmmhhh pedess2 manis asin gimanaaa gitu 😘😘😅

Seblak dulu hanya dinikmati dalam bentuk kering, yaitu kerupuk yang belum mengembang dan diberi bumbu khas, yaitu cikur dan cengek. Namun, sekarang ini seblak basah menjadi lebih populer, bahkan hingga ke luar kota Bandung. Lihat juga resep Seblak jeletot enak lainnya. Makanan "Seblak" ini saya tujukan untuk semua golongan usia yang berada di kota Jakarta yang suka dengan kebiasaan mengonsumsi jajanan yang pedas, tetapi orang tua pun cukup banyak menyukai seblak. Produk yang saya pilih ini mempunyai rasa yang sangat gurih, asin serta pedas (bias disesuaikandengan permintaan konsumen).

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan seblak kering yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved