Resep Ayam tepung saos asam manis, Sempurna

Ella Peters   14/07/2020 14:22

Ayam tepung saos asam manis
Ayam tepung saos asam manis

Sedang mencari ide resep ayam tepung saos asam manis yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam tepung saos asam manis yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam tepung saos asam manis, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan ayam tepung saos asam manis yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Bosen dengan sup ayam, jadilah bikin ini. Semacam mengubah rasa hehe Reni Agustini. Sajian ini cukup mudah untuk dibuat karena bahan-bahan makanannya sangat umum dan rasanya enak sekali.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah ayam tepung saos asam manis yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Ayam tepung saos asam manis menggunakan 11 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Ayam tepung saos asam manis:
  1. Ambil 1/2 ekor ayam yang sudah ditepungi dan digoreng
  2. Ambil 2 siung bawang putih digeprek
  3. Ambil 1 siung bawang Bombay
  4. Gunakan 4 buah tomat, dikupas, direbus, diblender
  5. Ambil 2 sendok makan saos tomat
  6. Siapkan 1 sendok makan saos tiram
  7. Gunakan secukupnya Gula pasir
  8. Sediakan secukupnya Garam
  9. Sediakan secukupnya Kaldu bubuk ayam
  10. Sediakan 1 sendok teh tepung maizena dilarutkan dengan sedikit air
  11. Gunakan 1/2 sendok teh lada bubuk

Dewi Permanik memberi tips supaya saos asam manis bisa terasa lebih segar. Beliau juga menuturkan asal - usul sejarah masakan ini. Ayam Tepung Saus Asam Manis biasanya dijual di restauran yang menyajikan hidangan chinese food serta pedagang kaki lima yang menyajikan menu hidangan serupa. selain Ayam Saus Asam Manis Nanas Pedas sebagai menu utama, disana biasanya terdapat masakan dari ayam dan bahan lainnya yang diolah dengan bumbu gurih. diantara lainnya adalah Ayam. Meskipun demikian, masakan ayam goreng tepung yang dilapisi saus asam manis kebanyakan dijumpai pada restoran.

Langkah-langkah membuat Ayam tepung saos asam manis:
  1. Tumis bawang putih dan bawang Bombay sampai matang dan harum, masukkan jus tomat, garam, gula pasir, lada, saos tomat dan saos tiram, aduk rata
  2. Kemudian masukkan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan air, masak saos sampai kental, koreksi rasa, angkat
  3. Siram saos ke ayam goreng sesaat sebelum makan ya agar ayamnya tetap krispi
  4. Bila saos ingin pedas tambahin saja saos sambal atau cabe bubuk
  5. Sajikan ayam dengan nasi hangat…hem yummy

Kini anda bisa membuatnya sendiri dengan takaran pedas atau tingat asam sesuai selera. Selain itu, anda juga dapat memilih daging ayam bagian dada yang telah fillet atau dibuang tulangnya agar semakin empuk. Menghidangkan ayam goreng seperti biasa tentu sudah sering anda coba. Bagaimana jika kali ini mencoba membuat ayam goreng dengan sajian yang sedikit berbeda. Anda bisa mencoba membuat ayam goreng tepung dengan saus asam manis.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Ayam tepung saos asam manis yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved