Resep (MALENGI)Mangut Lele Kemangi yang Bisa Manjain Lidah

Violet Obrien   26/06/2020 18:56

(MALENGI)Mangut Lele Kemangi
(MALENGI)Mangut Lele Kemangi

Anda sedang mencari ide resep (malengi)mangut lele kemangi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal (malengi)mangut lele kemangi yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari (malengi)mangut lele kemangi, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan (malengi)mangut lele kemangi enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

KOMPAS.com - Mangut lele, makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang dimasak santan ini bisa dijadikan menu makan utama keluarga. Baca juga: Resep Mi Nyemek Khas Yogyakarta, Cocok Disantap Saat Malam Cara memasak mangut lele yaitu ikan lele goreng dimasak dengan kuah santan dan ditambah sayuran. Biasanya, sayuran yang ditambahkan berupa kemangi yang yang juga bisa menambah aroma pada masakan.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat (malengi)mangut lele kemangi yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat (MALENGI)Mangut Lele Kemangi menggunakan 14 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan (MALENGI)Mangut Lele Kemangi:
  1. Siapkan 1/2 lele
  2. Gunakan 1 ikat kemangi
  3. Sediakan Bumbu
  4. Siapkan 8 bawang merah
  5. Siapkan 6 bawang putih
  6. Gunakan 1 tomat
  7. Gunakan 10 cabai rawit
  8. Siapkan 1 serai
  9. Ambil 2 daun jeruk
  10. Sediakan Seiris jahe
  11. Ambil Seiris laos
  12. Gunakan Seiris kunir
  13. Siapkan 1 kemiri
  14. Sediakan 1 sdt ketumbar

Goreng lele di dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang. Masukkan ikan lele yang sudah di goreng, campur hingga merata biarkan sebentar supaya bumbu meresap. Masukkan santan kental beserta daun kemangi. Biarkan sayur mangut ikan lele mendidih.

Cara menyiapkan (MALENGI)Mangut Lele Kemangi:
  1. Awal mula goreng dulu lele yang udah dicuci bersih sampai kering
  2. Kemudian masukan bumbu ulek yakni kunir ketumbar dan kemiri serta bumbu iris baper bawang merah tomat cabai dan kash daun jeruk dan serainya. Tumis sampai aroma harumnya mulai terasa
  3. Setelah itu masukkan lele gorengnya ke dalam bumbu yang udah dtumis sampai meresap. Kasih air sedikit demi sedikit jangan terlalu banyak.
  4. Setelah itu tunggu sampai mendidih baru masukkan kemangi dan matikan api lalu angkat dan siap disajikan.

Sajikan mangut ikan lele dengan nasi hangat. Lihat juga resep Ikan Lele Kukus Kemangi enak lainnya. Cara Membuat Mangut Ikan Lele Kemangi: Goreng ikan lele yang sudah direndam dengan bumbu rendaman pada wajan yang telah diberikan minyak dan dipanaskan. Setelah ikan lele menjadi lebih garing dan matang secara merata, silahkan angkat ikan dengan menggunakan serokan dan tiriskan terlebih dahulu minyaknya. Pembangkit nafsu makan kalian kali ini adalah mangut lele kemangi lur.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan (malengi)mangut lele kemangi yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved