Resep Mangut Lele Anti Gagal

Arthur Hopkins   27/09/2020 20:38

Mangut Lele
Mangut Lele

Lagi mencari ide resep mangut lele yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut lele yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Resep dengan petunjuk video: Salah satu makanan khas Matraman (Jogja-Solo) dan Semarang ini mirip seperti Pecel Lele tapi diberikan bumbu Mangut. Garingnya lele dengan bumbu mangut yang enak dan khas membuat makan siang atau malammu lebih nikmat. Lihat juga resep Mangut Lele enak lainnya.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut lele, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan mangut lele enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan mangut lele sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Mangut Lele menggunakan 22 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Mangut Lele:
  1. Gunakan 6 ekor lele
  2. Siapkan 1 ikat kemangi
  3. Siapkan 1 batang sereh, geprek
  4. Ambil 1 lembar daun salam
  5. Gunakan 2-3 lembar daun jeruk
  6. Ambil Sejempol lengkuas, geprek
  7. Ambil 1 sdt gula
  8. Siapkan 1 sdt garam
  9. Gunakan 1/2 sdt masako
  10. Gunakan 50 ml santan kara
  11. Gunakan 200-250 ml air
  12. Sediakan Minyak goreng untuk menggoreng lele dan menumis
  13. Siapkan Bumbu halus:
  14. Sediakan 5 bawang merah
  15. Siapkan 4 bawang putih
  16. Ambil 1 sdt ketumbar
  17. Siapkan 4 butir kemiri
  18. Ambil 1/2 kelingking jahe
  19. Ambil 1/2 kelingking kunyit
  20. Siapkan 1/2 kelingkingkencur
  21. Siapkan 5 cabe kriting
  22. Ambil 4 cabe rawit merah

Berbahan dasar ikan lele yang dimasak seperti sayur santan pedas, namun menggunakan kencur yang akan menambah kekhasan rasanya. Jika memakai lele goreng, pastikan anda tidak menggorengnya terlalu lama hingga kering. Mangut lele memang merupakan kuliner khas Jawa Tengah yang juga banyak tersedia di beberapa daerah lainnya. Di Magelang, Semarang dan juga di Jogja.

Cara membuat Mangut Lele:
  1. Bersihkan lele, hilangkan kepalanya, lumuri dengan jeruk nipis dan bilas. Siapkan minyak panas, goreng ½ matang atau jangan sampai terlalu kering. Siangi kemangi, cuci bersih dan tiriskan. Siapkan bumbu untuk dihaluskan.
  2. Panaskan 5 sdm minyak, tumis bumbu halus, masukkan sereh, lengkuas, daun salam dan daun jeruk. Tumis sampai harum.
  3. Campur santan kara dengan 150 ml air, lalu aduk. Masukkan cairan tsb ke tumisan bumbu, aduk rata. Masukkan lele dan tambahkan sisa air atau sampai ikan terendam. Masak dengan sesekali diaduk sampai mendidih.
  4. Tunggu sampai air agak berkurang dan mengental, kemudian masukkan kemangi. Masak sampai kemangi layu, dan matikan api.
  5. Mangut lele siap di sajikan.. selamat mencoba🤗 semoga bermanfaat❣⚘

Nah berbicara masalah mangut lele yang legendaris di Jogja ada satu nama yakni warung dari Mbah Marto. Kalau bosan makan lele kalian boleh pesan mangut beraneka bahan. Mulai dari mangut gurame, telur bebek, ayam kampung, dan nila. Selain mangut kalian bisa mencoba sajian khas hajatan seperti ingkung ayam kampung, sego bancakan, sego kenduri ayam kampung, dan masih banyak lainnya. Namun jangan kaget, walaupun jauh dari pusat kota, banyak sekali penggemar masakan beliau yang sudah antri untuk menikmati setiap harinya.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat mangut lele yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved