Cara Gampang Menyiapkan Roti Sobek Tanpa Mixer (Autolysis), Enak

Barbara McCoy   22/07/2020 09:55

Roti Sobek Tanpa Mixer (Autolysis)
Roti Sobek Tanpa Mixer (Autolysis)

Anda sedang mencari ide resep roti sobek tanpa mixer (autolysis) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal roti sobek tanpa mixer (autolysis) yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari roti sobek tanpa mixer (autolysis), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan roti sobek tanpa mixer (autolysis) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Resep roti tanpa mixer super lembut pakai oven tangkring mudah dan simple. Resep roti sobek oven tangkring metode autolisis. donat tanpa ulen tanpa mixer tanpa cetakan !

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan roti sobek tanpa mixer (autolysis) sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Roti Sobek Tanpa Mixer (Autolysis) menggunakan 8 bahan dan 11 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Roti Sobek Tanpa Mixer (Autolysis):
  1. Siapkan 250 gr terigu protein tinggi
  2. Gunakan 1 sdm susu bubuk
  3. Siapkan 120 ml air (atau susu UHT)
  4. Ambil 40 gr gula pasir
  5. Gunakan 1 kuning telur
  6. Gunakan 1 sdt ragi instan
  7. Ambil 1/2 sdt garam
  8. Siapkan 30 gr margarin/bisa mentega

Bisa untuk Pizza, Roti, Bapau ! donat tanpa ulen tanpa mixer tanpa cetakan ! Resep Roti Sobek dengan Metode Autolisis. Dan untuk Anda yang belum mempunyai mixer bisa membuat roti tanpa menggunakan mixer.

Langkah-langkah menyiapkan Roti Sobek Tanpa Mixer (Autolysis):
  1. Larutkan gula dengan air suhu ruang.
  2. Campurkan terigu dan susu. Aduk rata. Buat lubang di tengahnya.
  3. Masukkan kuning telur. Kocok lepas, tambahkan larutan air gula.
  4. Aduk hingga tercampur. Tutup dengan cling wrap. Alu pake silicon mat. Diamkan 6-8 jam di suhu ruang.
  5. Setelah 6-8 jam, adonan akan kalis elastis dengan sendirinya (auto). Jika ditarik tidak mudah putus, dan muncul lapisan tipis (windowpane).
  6. Campur ragi dengan air 1 sdm, aduk sampai berbentuk pasta (ngga kefoto). Campur ke adonan. Tambah garam. Uleni sebentar, lalu tambah margarin. Uleni hingga kalis, kurleb 5-7 menit. Bulatkan, tutup lagi. Diamkan 45 menit.
  7. Sambil nunggu, oles loyang dengan margarin. Setelah 45 menit adonan mengembang, kempeskan dengan gerakan menguleni. Timbang adonan, bagi jadi 10.
  8. Ambil satu adonan. Bulatkan. Pipihkan di bagian pinggir, bagian tengah agak lebih tebal, karena nanti ketarik waktu nutup. Isi 1/2 sdm mesis. Tutup, bulatkan kembali, bentuk lonjong, susun di loyang.
  9. Selain mesis aku isi parutan keju + kental manis. Lakukan sampai adonan habis. Tutup, diamkan 60 menit.
  10. 15 menit terakhir panaskan oven 170 °C api atas bawah. Oles adonan roti yang sudah mengembang dengan susu cair. Masukkan ke dalam oven. Panggang 170°C api bawah selama 20 menit, kemudian api atas bawah 10 menit. (Sesuaikan oven masing-masing ya)
  11. Oles margarin atau mentega sesaat setelah roti keluar oven. Selesai. Selamat menikmati roti homemade 🤗

Dan hasilnya juga bisa encer dan lembut loh. Anda bisa membaca artikel kali ini yang akan kami bahas bagaimana membaut roti tanpa mixer tapi tetap lembut dan empuk. Roti yang dinikmati dengan cara menyobeknya, lantas membuat roti ini dinamakan dengan roti sobek. Roti ini tergolong praktis karena sering digunakan untuk mengganjal perut saat lapar melanda dan karena roti ini tidak mudah basi. Berbagai macam isian dapat divariasikan agar roti lembut ini.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat roti sobek tanpa mixer (autolysis) yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved