Resep Manggut lele yang Lezat

Gene Cobb   28/08/2020 16:53

Manggut lele
Manggut lele

Anda sedang mencari inspirasi resep manggut lele yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal manggut lele yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari manggut lele, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan manggut lele enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Resep dengan petunjuk video: Salah satu makanan khas Matraman (Jogja-Solo) dan Semarang ini mirip seperti Pecel Lele tapi diberikan bumbu Mangut. Garingnya lele dengan bumbu mangut yang enak dan khas membuat makan siang atau malammu lebih nikmat. Lihat juga resep Mangut Lele enak lainnya.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah manggut lele yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Manggut lele menggunakan 13 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Manggut lele:
  1. Sediakan 1 kg ikan lele
  2. Ambil 5 Lombok rawit
  3. Sediakan 2 tomat merah
  4. Sediakan 2 daun salam
  5. Ambil 2 santan instan
  6. Gunakan 250 ml air putih
  7. Gunakan 1 sdm penyedap rasa
  8. Sediakan 1 sdt garam
  9. Gunakan 3 bawang merah
  10. Sediakan 2 bawang putih
  11. Sediakan 1 jempol kunyit
  12. Gunakan 1/2 jempol jahe
  13. Gunakan 1 sdt gula putih

Mangut lele (Hanacaraka: ꦩꦔꦸꦠ꧀ ꦊꦊ) merupakan menu khas dari daerah "Mataraman" (Yogya-Solo) dan Semarang-Kendal. Sesuai dengan namanya, komposisi utamanya adalah lele goreng, yang diberi bumbu mangut Artikel bertopik makanan atau minuman Indonesia ini adalah sebuah rintisan. Kuah mangut lele yang berwarna keoranyean membuat lidah tersetrum dengan rasa yang gurih-pedas dengan adanya potongan cabai besar. Sensasi pedas ini semakin menambah nikmat.

Langkah-langkah membuat Manggut lele:
  1. Goreng ikan lele sampai garing.
  2. Goreng Lombok bawang merah bawang putih jahe kunyit daun salam.kemudian haluskan kecuali Lombok dan daun salam setelah itu tumis bumbu halus dan d.salamnya.
  3. Kemudian masukkan air dan santan instannya aduk2 setelah itu masukkan Masako gula putih.kemudian lele Lombok dan tomat masukkan aduk lagi masak sampai mendidih angkat siap disajikan.

Bagi yang tak suka pedas, kami sarankan tetap mengambil lauk mangut lelenya karena jika tidak memakai lele akan sayang sekali sudah jauh-jauh ke warung ini. Kalau bosan makan lele kalian boleh pesan mangut beraneka bahan. Mulai dari mangut gurame, telur bebek, ayam kampung, dan nila. Selain mangut kalian bisa mencoba sajian khas hajatan seperti ingkung ayam kampung, sego bancakan, sego kenduri ayam kampung, dan masih banyak lainnya. Lihat juga resep Mangut Lele enak lainnya.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat manggut lele yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved