Resep Mangut Lele khas Yogya, Lezat Sekali

Juan Blake   02/12/2020 16:18

Mangut Lele khas Yogya
Mangut Lele khas Yogya

Lagi mencari inspirasi resep mangut lele khas yogya yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut lele khas yogya yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Mangut lele asap merupakan salah satu masakan khas Jogja. Di Jogja, lele tidak hanya digoreng untuk pecel lele, namun diolah dengan cara berbeda. Di salah satu rumah makan di Jogja contohnya, lele yang sudah matang kemudian diasap dengan kayu bakar, kemudian digabungkan dengan santan dan cabai hi.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut lele khas yogya, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan mangut lele khas yogya enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan mangut lele khas yogya sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Mangut Lele khas Yogya menggunakan 18 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Mangut Lele khas Yogya:
  1. Ambil 5 ekor Ikan lele
  2. Ambil Daun kemangi
  3. Sediakan 2 Batang sereh
  4. Siapkan 2 lbr daun salam
  5. Gunakan 2 lbr daun jeruk
  6. Gunakan 1/2 lengkuas (geprek)
  7. Ambil 5 cabe rawit
  8. Sediakan 1 bks santan kara
  9. Sediakan b
  10. Sediakan Bumbu halus
  11. Siapkan 4 bawang merah
  12. Siapkan 3 bawang putih
  13. Gunakan 3 kemiri
  14. Sediakan 1/2 kencur
  15. Sediakan 1 ruas kunyit
  16. Siapkan 3 cabe merah keriting
  17. Sediakan 1/2 sendok ketumbar bubuk
  18. Ambil 1/2 jahe

Resep Lele Mangut Goreng Bumbu Pedas Nah.kalau dapat ikan lele asap.pikiran langsung tertuju ke mangut lele khas Yogya. Yapp.di Yogya.juga punya masakan khas.ala mangut lho. Cuma.kalau di Yogya.mangutnya mangut ikan lele. Sobat entrepreneur, Mangut Lele Mbah Marto adalah salah satu contoh bahwa inovasi tidak selalu baru melainkan ada beberapa bisnis yang mempertahankan ciri khas lamanya dan hingga saat ini masih bertahan dan terus berkembang.

Cara menyiapkan Mangut Lele khas Yogya:
  1. Goreng ikan lele
  2. Tumbuk semua bumbu halus
  3. Lalu tumis bumbu halus, hingga wangi, jika sudah wangi tambahkan sedikit air serta masukan sereh, salam, daun kemangi, daun jeruk dan cabe rawit utuh. Tumis hingga matang dan harum
  4. Tambahkan air lagi secukupnya jika sudah matang, tambahkan santan kara. Masak hingga matang dan tambahkan bumbu penyedap garam dll icip rasa
  5. Jika dirasa sudah pas masukan ikan lele yg sudah digoreng, aduk sebentar tunggu hingga bumbu agak meresap,
  6. Mangut Lele siap di sajikan

Mbah Marto beserta anak dan karyawannya masih memasak menggunakan tungku yang terbuat dari kayu bakar sehingga cita rasa yang dihasilkan pun tak pernah berubah alias. Bagi kamu yang nggak sempet jelajah kuliner di pedesaan, tapi tetap pengen cobain mangut lele khas Jogja, ini dia solusinya. Mangut lele, masih jarang orang yang tahu dan merasakan masakan khas Yogyakarta ini. Walaupun mangut lele juga menjadi primadona masakan kraton, namun masakan dari bahan lele ini tidak begitu terkenal dan terasa asing bagi sebagian pecinta kuliner jogja. Kali ini kami akan berbagi resep mangut lele khas Yogyakarta.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Mangut Lele khas Yogya yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved