Resep Cilok Empuk Kenyal, Enak Banget

Betty Tate   26/06/2020 15:30

Cilok Empuk Kenyal
Cilok Empuk Kenyal

Anda sedang mencari ide resep cilok empuk kenyal yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal cilok empuk kenyal yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Bisa diolah sesuai selera,kuah seblak,kuah gowang,bumbu kacang,cilok krispi dll,sesuai selera Tiara Angelica. Cilok Empuk ala Jessica Jane. tapioka, terigu, telur, air, daun bawang iris, seledri iris, bawang putih haluskan, kemiri haluskan Cilok menjadi jajanan khas Bandung yang disukai banyak orang. Perpaduan gurihnya cilok dengan bumbu kacang bikin rasanya makin menggugah selera.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cilok empuk kenyal, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan cilok empuk kenyal yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah cilok empuk kenyal yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Cilok Empuk Kenyal memakai 7 bahan dan 10 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Cilok Empuk Kenyal:
  1. Sediakan 230 gr tepung tapioka
  2. Sediakan 270 gr tepung terigu
  3. Sediakan 4 btg Daun bawang
  4. Sediakan Bawang putih besar 2 (4 kl kecil)
  5. Gunakan 450 ml air
  6. Ambil 1/2 sdt lada bubuk
  7. Gunakan secukupnya Garam & kaldu bubuk

Akhirnya coba bikinlah sendiri, cucok lahh (curang, muji sendiri) ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ Cara Mudah Membuat Cilok Bandung yang Empuk, Kenyal dan Tahan Lama disertai Bumbu kacang yang Mantap. Cilok memang banyak macam dan variasinya. meski beranek. Cilok memiliki cita rasa yang enak dan khas kenyal-kenyal dilidah dan membuat ketagiahan untuk kembali menyantapnya. Resep Membuat Cilok yang Enak Empuk Kenyal Cilok ini merupakan jajanan atau cemilan yang disukai berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Cara membuat Cilok Empuk Kenyal:
  1. Campurkan tapioka dgn terigu, lalu tambahkan garam & kaldu
  2. Iris halus daun bawang lalu masukkan ke campuran tepung
  3. Siapkan lada & bawang putih, haluskan
  4. Didihkan air lalu masukkan bumbu halus. Matikan.
  5. Lgsg siramkan ke adonan tepung, dikira kira y, bila sdh bs dipulung, stop. Hatihati panas
  6. Bila sdh agak dingin, ratakan kembali hingga bumbu tercampur dgn baik
  7. Mulai pulung adonan. Sy sedia terigu utk mempermudah.
  8. Didihkan air di panci & juga dandang. Rebus dulu cilok yg sdh dipulung.
  9. Angkat bila cilok sdh naik ke permukaan, lalu mulai kukus selama 12'an.
  10. Bila telah matang, angkut. Hidangkan dgn sambal kacang pilihan…enak empukk kenyal kenyal๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

Menurut wikipedia, Cilok adalah sebuah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap, dan saus. Cilok bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya. Terdapat telur atau daging cincang di dalamnya, karena terbuat dari bahan dasar tapioka maka cilok terasa kenyal saat dikonsumsi. Rahasia Anti Gagal Cara Membuat Cilok Yang Tetap Empuk dan Kenyal Meskipun Sudah Dingin. Update Resep : CARA BIKIN SEBLAK CILOK : Klik : https://www.youtube.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan cilok empuk kenyal yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved