Resep Mangut Lele khas Magelang Anti Gagal

Herbert Yates   25/06/2020 06:29

Mangut Lele khas Magelang
Mangut Lele khas Magelang

Anda sedang mencari ide resep mangut lele khas magelang yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut lele khas magelang yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut lele khas magelang, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan mangut lele khas magelang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Nah, selain warung mangut ikan beong di Kembanglimus Borobudur, di Magelang ada satu lagi warung makan yang menyediakan menu andalan masakan mangut ikan. Terletak di desa Prumpung, kelurahan Tamanagung, kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Memang sih, lokasinya agak jauh kalau dari pusat kota Magelang.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat mangut lele khas magelang yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Mangut Lele khas Magelang menggunakan 11 bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Mangut Lele khas Magelang:
  1. Gunakan 4 ekor lele ukuran sedang (goreng tidak terlalu kering)
  2. Gunakan 5 siung bawang merah
  3. Gunakan 3 siung bawang putih
  4. Ambil 9 biji cabe rawit
  5. Siapkan 1 ruas jari kunyit
  6. Siapkan 1/2 ruas jari kencur
  7. Sediakan 2 lembar daun jeruk
  8. Gunakan 1/2 sdt ketumbar
  9. Ambil secukupnya gula,garam dan penyedap
  10. Gunakan 300 ml santan cair
  11. Sediakan 150 ml santan kental

Selain belajar tentang resep mangut lele khas magelang kita juga akan belajar manfaaat dari ikan lele bagi kesehatan. Resep Mangut Lele Khas Magelang - Magelang adalah kota di Jawa Tengah yang memiliki aneka sajian sedap. Sajian tersebut juga terpengaruh dengan daerah di Jawa Tengah lainnya, karena kaya akan rempah dan pedasnya pas. Seperti mangut lele ini, sajian yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke Candi Borobudur.

Cara membuat Mangut Lele khas Magelang:
  1. Haluskan bumbu
  2. Tambahkan daun jeruk lalu tumis hingga harum
  3. Masukkan santan cair.Tunggu sampai mendidih.
  4. Masukkan lele dan santan kental.Tambahkan gula garam dan penyedap.Koreksi rasanya dan tunggu sampai bumbu meresap. *jangan diaduk karena bisa membuat lele menjadi hancur)
  5. Matikan api,lalu masukkan daun kemangi. *jangan terlalu lama agar daun kemangi tetep fresh
  6. Angkat dan sajikan

Sebab, mangut lele juga mudah ditemukan di sekitar lokasi. Setelah berkunjung ke Candi Borobudur, sempatkan untuk mencicipi enam kuliner khas Magelang berikut ini. Ada mangut lele juga opor ayam yang tak kalah enak. Kamu pasti sudah pernah mencoba menu masakan yang berbahan dasar lele. Nah, Magelang ternyata memiliki makanan khas dari lele.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Mangut Lele khas Magelang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved