Resep *Mangut ikan lele khas Jogja* yang Lezat Sekali

Gilbert Freeman   06/08/2020 20:16

<em>Mangut ikan lele khas Jogja</em>
<em>Mangut ikan lele khas Jogja</em>

Lagi mencari ide resep mangut ikan lele khas jogja yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut ikan lele khas jogja yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut ikan lele khas jogja, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan mangut ikan lele khas jogja enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Mangut lele asap merupakan salah satu masakan khas Jogja. Di Jogja, lele tidak hanya digoreng untuk pecel lele, namun diolah dengan cara berbeda. Di salah satu rumah makan di Jogja contohnya, lele yang sudah matang kemudian diasap dengan kayu bakar, kemudian digabungkan dengan santan dan cabai hi.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah mangut ikan lele khas jogja yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Mangut ikan lele khas Jogja menggunakan 19 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Mangut ikan lele khas Jogja:
  1. Ambil 1/2 kg ikan lele (5 ekor kecil2)
  2. Ambil 1/2 buah jeruk nipis
  3. Siapkan Sejumput garam
  4. Siapkan 1 ikat daun kemangi, (sy pake daun bawang)
  5. Sediakan 10 cabe rawit utuh (sy, 12 rawit merah campur rawit hijau)
  6. Sediakan 50 ml susu cair/resep asli 1/2 bungkus santan kara
  7. Siapkan Saya pakai 1/2 bungkus santan bubuk sasa
  8. Gunakan 500 ml air (matang dingin)
  9. Sediakan 1 sendok teh gula pasir
  10. Ambil 1/2 sendok teh garam
  11. Gunakan Bumbu halus,
  12. Siapkan 4 siung bawang bawang merah (sy, 5 siung)
  13. Siapkan 3 siung bawang putih (sy, 4 siung)
  14. Siapkan 2 butir kemiri
  15. Siapkan 3 cabe rawit merah
  16. Siapkan 2 cabe merah keriting
  17. Siapkan 1 sendok teh ketumbar
  18. Siapkan 1 ruas kunyit
  19. Siapkan 1 ruas kencur

Masih memakai lele, ada pecel lele yang tersaji dengan sambal, nasi, urap dan lalap. Jangan ketinggalan mencoba aneka ikan sungai yang digoreng seperti udang, uceng beong dan wader. Melancong ke kota paling dirindukan, yakni Yogyakarta paling enak sambil jelajah kuliner tradisional khas kota Gudeg ini. Namun selain gudeg, ada satu menu lagi yang paling dicari oleh para wisatawan, yaitu mangut.

Langkah-langkah membuat Mangut ikan lele khas Jogja:
  1. Siapkan bahan dan bumbu,
  2. Cuci bersih ikan lele, lalu balur dengan garam dan jeruk nipis, diamkan sebentar lalu cuci lagi, kemudian goreng sampai kering lalu angkat, sisihkan, kemudian haluskan bumbu
  3. Lalu tumis bumbu halus dan masukkan juga daun salam,daun jeruk, sereh dan lengkuas,tumis sampai harum lalu masukkan air dan masak sampai mendidih,
  4. Kemudian masukkan santan bubuk dan gula pasir aduk rata, lalu masukkan ikan lele goreng dan cabe rawit utuh, aduk merata dan biarkan sampai meresap,setelah itu masukkan potongan daun bawang, aduk2 (bisa tambahkan kaldu bubuk jika perlu)
  5. Lalu aduk2, cek rasa sampai rasanya pas, matangkan lalu angkat dan siap untuk dihidangkan

Mangut identik dengan kuah santan bercita rasa gurih, asam, dan pedas. Olahan ini paling pas disandingkan dengan ikan lele. Hai sobat Toko Mesin Kelapa kali ini saya akan membahas Resep Mangut Lele. Mungkin anda sudah tidak asing dengan kata mangut lele, ya mangut lele adalah masakan khas yang berasal dari daerah mataram (Yogyakarta - Solo) dan Semarang - Kendal. Masakan ini berbahan dasar lele goreng yang diberi bumbu mangut, itulah mengapa masakan ini deberi nama mangut lele.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat mangut ikan lele khas jogja yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved