Cara Gampang Membuat Cilok empuk, Bikin Ngiler

Ivan Carson   16/09/2020 02:56

Cilok empuk
Cilok empuk

Sedang mencari inspirasi resep cilok empuk yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal cilok empuk yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cilok empuk, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan cilok empuk enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Resep Cilok Bumbu Kacang Untuk Jualan Yang Empuk Dam Enak Siapa yang tidak suka cemilan satu ini,rasanya dari anak anak sampai orang dewasa pasti suka cilok. Di masa pandemi seperti ini,yuk kita coba bikin ciok sendiri sambil ngisi waktu luang di rumah. Anak anak dan keluarga pasti suka.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan cilok empuk sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Cilok empuk menggunakan 10 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Cilok empuk:
  1. Gunakan 250 gram tepung terigu
  2. Siapkan 250 gram tepung tapioka
  3. Siapkan 200 ml air
  4. Ambil 1 butir telur
  5. Siapkan 6 siung bawang putih
  6. Siapkan 1 sdt lada
  7. Siapkan 2 sdt garam
  8. Ambil 1 bungkus kaldu bubuk
  9. Siapkan 1 liter air (untuk merebus)
  10. Gunakan 2 sdm minyak

Sebelum masak sendiri, simak tips membuat cilok yang empuk dan kenyal. Resep Cilok Cucok Empuk Kenyal Bumbu Kacang. Udah lama pengen bisa bikin cilok sendiri, secara jajannya ini mulu hihi. Menurut wikipedia, Cilok adalah sebuah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap, dan saus.

Langkah-langkah membuat Cilok empuk:
  1. Campur tepung dalam baskom
  2. Masukkan telur dan bumbu yang sudah dihaluskan
  3. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis (tidak lengket di tangan)
  4. Bentuk bulat-bulat, cemplungkan dalam air yang sebelumnya telah dididihkan dan ditambah minyak (agar tidak saling menempel)
  5. Rebus selama 30menit
  6. Tiriskan, kukus lagi selama 10menit
  7. Angkat dan sajikan dengan saos atau sambal kacang

Cilok bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya. Terdapat telur atau daging cincang di dalamnya, karena terbuat dari bahan dasar tapioka maka cilok terasa kenyal saat dikonsumsi. Cara Mudah Membuat Cilok Bandung yang Empuk, Kenyal dan Tahan Lama disertai Bumbu kacang yang Mantap. Cilok memang banyak macam dan variasinya. meski beranek. Agar tekstur cilok tidak sekadar kenyal, melainkan juga empuk.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Cilok empuk yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved