Langkah Mudah untuk Menyiapkan Mangut Lele Asap ala Semarang yang Lezat

Maria Robertson   21/10/2020 09:37

Mangut Lele Asap ala Semarang
Mangut Lele Asap ala Semarang

Lagi mencari inspirasi resep mangut lele asap ala semarang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut lele asap ala semarang yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut lele asap ala semarang, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan mangut lele asap ala semarang yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Resep Mangut Lele Asap Ala Semarang. Resep Mangut Lele Asap ala Semarang. Mangut adalah salah satu masakan khas Semarang dengan bahan dasar ikan asap,,bisa ikan pari,ikan manyung,ikan lele dsb.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah mangut lele asap ala semarang yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Mangut Lele Asap ala Semarang menggunakan 19 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Mangut Lele Asap ala Semarang:
  1. Gunakan 1 ons ikan lele asap
  2. Sediakan 500 ml santan encer
  3. Ambil 1 btg serai (geprek)
  4. Sediakan 3 lmbr daun jeruk
  5. Gunakan 2 lmbr daun salam
  6. Ambil 2 ruas Laos (geprek)
  7. Sediakan 1 buah tomat potong 4
  8. Ambil 1/2 keping gula merah
  9. Siapkan 1 ruas kencur (geprek)
  10. Sediakan 1 sdt gula pasir
  11. Sediakan secukupnya Garam & penyedap rasa
  12. Sediakan 5 biji cabe rawit (belah 2)
  13. Siapkan Bumbu halus :
  14. Ambil 5 siung bawang merah
  15. Siapkan 3 siung bawang putih
  16. Siapkan 2 biji kemiri
  17. Siapkan 2 ruas kunyit
  18. Ambil 1 ruas kencur
  19. Sediakan 5 biji cabe rawit

Setauku (karena asalku dari Semarang), Mangut ki yo onone mung Mangut Iwak Pe atau Iwak Manyung. Ada juga sejenis iwak Tongkol, tp ibuku g pernah beli itu. Di Jogja (dimana aku tinggal sekarang), Mangut disini adalah Mangut. Resep dengan petunjuk video: Salah satu makanan khas Matraman (Jogja-Solo) dan Semarang ini mirip seperti Pecel Lele tapi diberikan bumbu Mangut.

Cara membuat Mangut Lele Asap ala Semarang:
  1. Cuci bersih lele asap.sisihkan
  2. Siapkan bumbu, giling bumbu halus.
  3. Tumis bumbu halus,masukkan daun jeruk,daun salam,laos, serai,& kencur,tumis sampai harum.
  4. Masukkan santan, masak sampai mendidih sambil diaduk2 agar santan tidak pecah. Masukkan ikan asap & cabe rawit yg telah dibelah 2, beri gula, garam & penyedap rasa serta potongan tomat. Masak sampai mendidih lagi. (Masaknya Jangan terlalu lama ntar ikannya bisa hancur).
  5. Angkat & sajikan dengan nasi hangat..

Garingnya lele dengan bumbu mangut yang enak dan khas membuat makan siang atau malammu lebih nikmat. Hidangan gulai ikan lele asap adalah sajian yang istimewa. Hidangan ini akan dapat anda buat dirumah dengan mudah dan sederhana. Nah, agar anda tak lagi penasaran seperti apa resep. The main ingredients might be poultry, goat meat, beef, mutton.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat mangut lele asap ala semarang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved