Resep Sup Bening Ikan Kakap, Bisa Manjain Lidah

Grace Simpson   26/06/2020 19:58

Sup Bening Ikan Kakap
Sup Bening Ikan Kakap

Sedang mencari ide resep sup bening ikan kakap yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sup bening ikan kakap yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sup bening ikan kakap, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan sup bening ikan kakap yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Ikan kakap memang menjadi salah bahan masakan yang sangat populer. Banyak sekali variasi olahan ikan kakap ini salah satunya sup ikan kakap. Variasi kuah bening membuat gurihnya daging ikan akan lebih terasa karena air jeruk serta aneka resempah yang digunakan dapat menghilangkan bau.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat sup bening ikan kakap yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sup Bening Ikan Kakap memakai 15 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Sup Bening Ikan Kakap:
  1. Sediakan 1/2 ekor Ikan Kakap
  2. Sediakan Secukupnya Jeruk Nipis
  3. Sediakan 2 siung Bawang Putih
  4. Sediakan 4 siung Bawang Merah
  5. Gunakan 2 buah Tomat
  6. Siapkan Cabe Rawit (skip)
  7. Ambil 1 btng Serai
  8. Ambil 2 cm Jahe
  9. Ambil 2 lbr Daun Jeruk
  10. Siapkan 1 btng Daun Bawang
  11. Siapkan Gula
  12. Siapkan Garam
  13. Siapkan Kaldu Jamur
  14. Ambil Air
  15. Gunakan 3 sdm Minyak Goreng

Kakap merupakan fauna khas provinsi Kepulauan Riau dikarenakan provinsi ini merupakan tempat tinggal banyak ikan Kakap dan Kakap sendiri sering dijadikan bahan makanan khas yaitu gulai Asam pedas. Sup ikan kakap ini sesuai namanya menggunakan ikan kakap sebagai bahan utamanya. Tapi kali ini dimasak menggunakan kuah bening. Sup Ikan Kakap Merah. (Foto: Milyawati).

Langkah-langkah menyiapkan Sup Bening Ikan Kakap:
  1. Potong2 & bersihkan ikan. Kemudian kasih perasan jeruk nipis, diamkan sebentar. Sesaat sblum dmasak, bilas lgi dgn air bersih.
  2. Geprek jahe & serai. Cincang kasar bawang putih, iris2 bawang merah, daun bawang & tomat.
  3. Tumis duo bawang dgn minyak hingga harum, kemudian masukkan serai, jahe & daun jeruk.
  4. Jika wangi rempahny sdh tercium, tambahkan air. Tunggu hingga mndidih, lalu masukkan ikan & tambahkan gula, garam, kaldu jamur, koreksi rasa. Kemudian jika sdh hampir matang, baru masukkan irisan tomat & daun bawang.
  5. Dan tuang ke mangkok, siap dihidangkan selagi hangat.

Letak Kepulauan Riau yang merupakan wilayah perairan dan memiliki banyak pulau. Membuat Kepri memiliki potensi sumber daya kelautan yang berlimpah. Selain kuah bening, ikan juga sangat cocok untuk dibuat sup kuah kuning. Ciri khas dari kuah kuning adalah santan kental yang dipadukan. Potong ikan kakap berbentuk dadu, lalu masukkan ke bahan-bahan yang sudah ditumis.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Sup Bening Ikan Kakap yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved