Resep Sop Kulit Ikan Rumput Laut yang Sempurna

Lucille Craig   02/10/2020 08:55

Sop Kulit Ikan Rumput Laut
Sop Kulit Ikan Rumput Laut

Sedang mencari ide resep sop kulit ikan rumput laut yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sop kulit ikan rumput laut yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ini ceritanya salah beli rumput laut 🤣 Maunya beli nori karena pengen bikin sushi. Eh yang dibeli rumput laut kering. Selain untuk kesehatan tubuh, rumput laut ternyata memberikan segudang manfaat untuk kecantikan kulit.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sop kulit ikan rumput laut, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan sop kulit ikan rumput laut enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan sop kulit ikan rumput laut sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Sop Kulit Ikan Rumput Laut memakai 7 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Sop Kulit Ikan Rumput Laut:
  1. Gunakan 1 plastik kulit ikan
  2. Siapkan 1 plastik rumput laut
  3. Siapkan 1 buah wortel
  4. Sediakan 1/2 buah kembang kol
  5. Sediakan 2 bawang merah
  6. Sediakan 1 batang daun bawang
  7. Ambil Secukupnya gula pasir, garam, kaldu ayam, lada dan air untuk memasak

Rumput laut juga sangat dikenal dapat membantu menyehatkan kulit. Namun, sebelum memanfaatkan rumput laut, harus Salah satu jenis rumput laut yang banyak dimanfaatkan yakni rumput laut putih. Jenis rumput laut dengan nama latin Eucheuma spinosum ini banyak digunakan. Jika biasanya rumput laut identik dengan masakan Jepang atau camilan khas Thailand, Indonesia juga punya beragam olahan rumput laut yang tidak kalah enak lho!

Cara menyiapkan Sop Kulit Ikan Rumput Laut:
  1. Rebus rumput laut dengan sejumput garam lalu belah2 sesuai selera, kulit ikan dibelah2 dengan tangan singkirkan
  2. Rebus wortel sampai agak empuk lalu masukkan gula pasir, garam, kaldu ayam dan masukkan kembang kol nya
  3. Setelah kembang kol setengah matang masukkan rumput laut dan kulit ikan nya sampai mendidih kecilkan api kompor

Dilihat dari manfaatnya, rumput laut memiliki kandungan kalsium, vitamin B, zat besi, dan magnesium yang baik untuk kesehatan. Rumput laut (sea weed) merupakan hasil perikanan yang bukan berupa ikan, tetapi berupa tanaman. Usaha budidaya ini mengingat potensi rumput laut sebagai salah satu komoditas ekspor nonmigas ternyata mempunyai prospek ekonomi yang cukup cerah. Jenis rumput laut yang digunakan adalah rumput laut kering yang telah diolah lebih lanjut. Harga rumput laut per kg di Indonesia sangatlah murah.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat sop kulit ikan rumput laut yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved