Langkah Mudah untuk Membuat Ayam Asam Manis Pedas Anti Gagal

Eddie Bradley   20/07/2020 03:52

Ayam Asam Manis Pedas
Ayam Asam Manis Pedas

Lagi mencari ide resep ayam asam manis pedas yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam asam manis pedas yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam asam manis pedas, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan ayam asam manis pedas yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Lihat juga resep Ayam crispy pedas asam manis seuuuhaaahhhhh😤 enak lainnya. Tmbh bendi,n yes mmg asam pedas ayam mmg lbih pekat drp ikan. She already passed away actlly.my hubby from Kelantan.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah ayam asam manis pedas yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Ayam Asam Manis Pedas menggunakan 17 bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Ayam Asam Manis Pedas:
  1. Ambil 1/4 ekor ayam (1 ekor ayam bagi 4, terus potong kecil)
  2. Gunakan tepung sajiku (untuk menggoreng ayam)
  3. Siapkan bumbu iris
  4. Gunakan 2 siung bawang putih
  5. Ambil 1/2 bawang bombay
  6. Ambil 2 lombok besar (aku pake yg hijau 1, yg merah 1)
  7. Siapkan 2 biji lombok kecil yg merah
  8. Gunakan pelengkap
  9. Ambil garam
  10. Gunakan gula
  11. Siapkan merica
  12. Ambil rayco ayam
  13. Siapkan saos tiram (kurleb 2 sendok)
  14. Ambil saos sambal (kurleb 2 sendok)
  15. Ambil tepung maizena kira2 1 sendok larutkan dengan 1/4 air
  16. Siapkan air
  17. Ambil minyak

Itu karena saking banyaknya variasi menu olahannya. Mulai dari ayam goreng dengan berbagai variasinya, ayam bakar, ayam kukus, ayam panggang oven dan masih banyak lagi. Nampaknya jika bicara soal menu berbahan ayam, semuanya pasti akan menemukan banyak varian menu yang lezat berbahan ayam. Anda bisa menyajikan ayam dengan rasa gurih, ayam dengan rasa manis, ayam asin manis, serta adapula menu ayam dengan rasa asam dan manis.

Cara menyiapkan Ayam Asam Manis Pedas:
  1. Marinasi ayam dengan garam dan merica, diamkan kurleb 10menit
  2. Ambil tepung sajiku, bagi 2 bagian, yang satu dicampur dngan air, yang 1 bagian biarkan saja kering
  3. Celupkan ayam ke tepung sajiku yg basah kemudian baluri ke tepung yg kering.
  4. Panaskan minyak di wajan, apabila sudah panas, masukan ayam tadi, lalu goreng ayam hingga warna kecoklatan dengan api sedang saja. angkat dan tiriskan.
  5. Siapkan bumbu yg sudah diiris tadi
  6. Panaskan minyak di wajan untuk menumis. apabila sudah panas masukan bumbu lalu tumis sampai harum.
  7. Masukan air, saos tiram, saos sambal, garam, gula, rayco ayam, aduk dan diamkan sampai mendidih sambil di cek rasanya yaa…
  8. Apabila sudah mendidih, masukan maizena yg sudah dicairkan tadi, aduk sampe air mengental kemudian masukan ayam dan aduk sampai rata dan air meresap ke ayam.
  9. Masakan siap dihidangkan 👌

Nah, sekarang anda akan mencoba menyajikan ayam. Tidak hanya untuk makan malam saja, resep asam pedas dengan ayam ini juga nikmat sekali disantap bersama sepiring nasi putih kerupuk dan segelas teh manis di saat siang ataupun pagi hari. Untuk ide resep masakan ayam yang lain, silahkan mencoba Resep Soto Ayam Kudus atau mencoba Resep Kari Ayam India. Ya, sebenarnya resep asam manis bisa juga digunakan untuk ikan asam manis, bebek asam manis atau yang lainnya, tetapi kali ini kita akan membuat ayam asam manis pedas dengan nanas. Buat teman teman yang belum pernah mencoba resep masakan ayam yang satu ini, melihat dari namanya (ayam asam manis nanas) pasti sudah kebayang kan bagaimana rasanya.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Ayam Asam Manis Pedas yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved