Resep Mangut lele kemangi pedas khas Jogja, Bikin Ngiler

Francis Robbins   26/06/2020 05:49

Mangut lele kemangi pedas khas Jogja
Mangut lele kemangi pedas khas Jogja

Lagi mencari ide resep mangut lele kemangi pedas khas jogja yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut lele kemangi pedas khas jogja yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Pertama kali makan di salah satu restoran di jln pakem jogjakarta. KOMPAS.com - Mangut lele, makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang dimasak santan ini bisa dijadikan menu makan utama keluarga. Baca juga: Resep Mi Nyemek Khas Yogyakarta, Cocok Disantap Saat Malam Cara memasak mangut lele yaitu ikan lele goreng dimasak dengan kuah santan dan ditambah sayuran.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut lele kemangi pedas khas jogja, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan mangut lele kemangi pedas khas jogja enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan mangut lele kemangi pedas khas jogja sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Mangut lele kemangi pedas khas Jogja memakai 19 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Mangut lele kemangi pedas khas Jogja:
  1. Siapkan 1 kg lele
  2. Gunakan segenggam Kemangi
  3. Siapkan Jeruk nipis
  4. Ambil secukupnya Daun jeruk
  5. Sediakan 1 batang sereh
  6. Gunakan 2 ruas laos
  7. Siapkan Beberapa cabai rawit setan utuh
  8. Ambil 1 santan instan
  9. Sediakan Bahan halus
  10. Gunakan 5 siung bawang merah (saya pakai lebih krn bawang nya kecil)
  11. Ambil 3 siung bawang putih
  12. Gunakan 3 btr kemiri sangrai
  13. Siapkan 1 ruas kunyit
  14. Sediakan 1 ruas jahe
  15. Gunakan Sedikit kencur
  16. Gunakan 1 sdt ketumbar
  17. Sediakan 1 sdt merica
  18. Gunakan 3 cabai merah besar
  19. Siapkan 3 cabai rawit

Bisa dikatakan mangut lele Mbah Marto adalah mangut lele paling legendaris dan terkenal di Jogja. Hampir semua orang mengenal sajian mangut lele Mbah Marto yang khas, mulai dari cara memasaknya yang masih menggunakan kayu bakar hingga kualitas lele yang empuk serta kuah dan bumbunya yang memiliki tekstur pedas. Ikan yang diolah menjadi mangut bisa ikan air tawar dan ikan laut, salah satunya nila. Baca juga: Resep Mangut Lele Yogyakarta, Nikmati dengan Kemangi Nila dimasak kuah santan dengan bumbu sederhana seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai, lengkuas, dan belimbing wuluh.

Cara menyiapkan Mangut lele kemangi pedas khas Jogja:
  1. Lumuri lele dengan jeruk nipis diamkan 15 menit lalu bilas. Setelah bilas lumuri garam dan kaldu jamur lalu goreng kering, sisihkan.
  2. Haluskan bumbu halus. Dan tumis hingga harum
  3. Masukan daun jeruk, sereh dan laos. Tambahkan 3 cangkir air lalu masak sampai air mendidih. Lalu masukan cabai rawit setan
  4. Tambahkan gula garam penyedap dan kemangi lalu tes rasa
  5. Setelah oke masukan lele dan didihkan atau masak sampai meresap
  6. Angkat dan sajikan. Saya sisa kuahnya dipakai untuk rebus tahu coklat.. nanti bisa dimakan bareng sm lele.. tambah mantap.. selamat mencoba

Resep dengan petunjuk video: Salah satu makanan khas Matraman (Jogja-Solo) dan Semarang ini mirip seperti Pecel Lele tapi diberikan bumbu Mangut. Garingnya lele dengan bumbu mangut yang enak dan khas membuat makan siang atau malammu lebih nikmat. Sate Petir serta Tongseng Petir Pak Nano. Tenang, petir yang ini tidak membunuh tetapi akan menganakemaskan lidah beberapa pencinta kulineran pedas di Jogja. Mangut lele juga merupakan makanan khas dri Yogyakarta yang banyak dijual di sini.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Mangut lele kemangi pedas khas Jogja yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved