Langkah Mudah untuk Membuat Cilok empuk Anti Gagal

Clifford Hammond   16/10/2020 05:50

Cilok empuk
Cilok empuk

Lagi mencari inspirasi resep cilok empuk yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal cilok empuk yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cilok empuk, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan cilok empuk yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Resep Cilok Bumbu Kacang Untuk Jualan Yang Empuk Dam Enak Siapa yang tidak suka cemilan satu ini,rasanya dari anak anak sampai orang dewasa pasti suka cilok. Di masa pandemi seperti ini,yuk kita coba bikin ciok sendiri sambil ngisi waktu luang di rumah. Anak anak dan keluarga pasti suka.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan cilok empuk sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Cilok empuk menggunakan 8 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Cilok empuk:
  1. Ambil 1/4 Kg tepung tapioka/kanji
  2. Gunakan 125 Gram tepung terigu
  3. Sediakan 3 Siung bawang putih (Haluskan)
  4. Ambil 1/2 sdt lada bubuk
  5. Siapkan 1/2 sdt kaldu ayam bubuk (Royco/Masako)
  6. Siapkan 1/2 sdm garam
  7. Sediakan 2 Batang daun bawang iris halus
  8. Siapkan Secukupnya air panas

Kalau pengin makan cilok yang lezat, gak melulu harus jauh-jauh ke Bandung dulu. Kamu pun bisa membuat cilok sendiri yang lezat. Menurut wikipedia, Cilok adalah sebuah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap, dan saus. Cilok bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya.

Langkah-langkah menyiapkan Cilok empuk:
  1. Siapkan wadah masukkan tepung terigu, tepung kanji, bawang putih, lada, garam, kaldu bubuk dan irisan daun bawang kemudian aduk2 rata
  2. Tuang sedikit demi sedikit air panas kedalam adonan sambil diaduk2 menggunakan sendok/spatula… Harus benar2 sedikit2 airnya sampai adonan kira2 bisa dibuat bulatan (jangan lembek)
  3. Buat bulat2an adonan sampai semua selesai. Supaya adonan tidak lengket di tangan sebelum membulat2kan tangan ditaburin tepung trigu dulu dijamin licin. pastinya jangan lupa cuci tangan dulu pakai sabun dan air mengalir..
  4. Sambil membuat bulatan siapkan air untuk merebus cilok.. didihkan air dan beri 1 sdm minyak goreng supaya ciloknya tidak lengket di panci.. Kemudian rebus cilak hingga mengapung/matang..
  5. Terakhir kukus cilok sekitar 10 menit supaya lebih tanak
  6. Cilok siap disajikan dengan saos kacang, saos pedas dan kecap

Terdapat telur atau daging cincang di dalamnya, karena terbuat dari bahan dasar tapioka maka cilok terasa kenyal saat dikonsumsi. Cara Mudah Membuat Cilok Bandung yang Empuk, Kenyal dan Tahan Lama disertai Bumbu kacang yang Mantap. Cilok memang banyak macam dan variasinya. meski beranek. Agar tekstur cilok tidak sekadar kenyal, melainkan juga empuk. Kamu bisa menambahkan tepung terigu ke dalam adonan.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat cilok empuk yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved