Bagaimana Menyiapkan Cilok Empuk Anti Gagal

Susan Horton   15/06/2020 22:16

Cilok Empuk
Cilok Empuk

Sedang mencari ide resep cilok empuk yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal cilok empuk yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cilok empuk, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan cilok empuk enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Resep Cilok Bumbu Kacang Untuk Jualan Yang Empuk Dam Enak Siapa yang tidak suka cemilan satu ini,rasanya dari anak anak sampai orang dewasa pasti suka cilok. Di masa pandemi seperti ini,yuk kita coba bikin ciok sendiri sambil ngisi waktu luang di rumah. Anak anak dan keluarga pasti suka.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan cilok empuk sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Cilok Empuk menggunakan 10 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Cilok Empuk:
  1. Ambil Adonan basah:
  2. Sediakan 40 ml air
  3. Siapkan 1 sdm kaldu bubuk
  4. Gunakan 1 sdm garlic oil / 3 pcs baput uleg halus
  5. Sediakan 1 sdt lada bubuk
  6. Gunakan 1 sdt garam
  7. Sediakan 1/2 sdt ketumbar bubuk
  8. Ambil Bahan kering
  9. Siapkan 4 sdm Tepung Terigu
  10. Gunakan 8 sdm Tepung Tapioka

Kalau pengin makan cilok yang lezat, gak melulu harus jauh-jauh ke Bandung dulu. Kamu pun bisa membuat cilok sendiri yang lezat. Menurut wikipedia, Cilok adalah sebuah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap, dan saus. Cilok bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya.

Cara membuat Cilok Empuk:
  1. Masak air hingga mendisih, tambahkan semua bahan basah. Aduk rata hingga mendidih.
  2. Setelah mendidih, matikan api. Beri adonan kering, aduk cepat dan rata ya.
  3. Di panci lain, didihkan air (utk merebus cilok). Bentuk bulat2 adonan dengan menggunakan dua sendok. Cemplungkan ke air yg mendidih.
  4. Setelah terapung, angkat cilok. Beri tambahan saos, kecap, sambel.

Terdapat telur atau daging cincang di dalamnya, karena terbuat dari bahan dasar tapioka maka cilok terasa kenyal saat dikonsumsi. Cara Mudah Membuat Cilok Bandung yang Empuk, Kenyal dan Tahan Lama disertai Bumbu kacang yang Mantap. Cilok memang banyak macam dan variasinya. meski beranek. Agar tekstur cilok tidak sekadar kenyal, melainkan juga empuk. Kamu bisa menambahkan tepung terigu ke dalam adonan.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Cilok Empuk yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved