Bagaimana Menyiapkan Cilok Empuk yang Sempurna

Aiden Cruz   26/06/2020 13:33

Cilok Empuk
Cilok Empuk

Sedang mencari inspirasi resep cilok empuk yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal cilok empuk yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cilok empuk, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan cilok empuk yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Resep Cilok Bumbu Kacang Untuk Jualan Yang Empuk Dam Enak Siapa yang tidak suka cemilan satu ini,rasanya dari anak anak sampai orang dewasa pasti suka cilok. Di masa pandemi seperti ini,yuk kita coba bikin ciok sendiri sambil ngisi waktu luang di rumah. Anak anak dan keluarga pasti suka.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah cilok empuk yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Cilok Empuk memakai 10 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Cilok Empuk:
  1. Sediakan 20 sdm tapioka
  2. Siapkan 10 sdm terigu
  3. Gunakan 1 tangkai daun bawang rajang kecil
  4. Sediakan 1 telur ayam
  5. Gunakan 250 ml air
  6. Ambil Bumbu
  7. Sediakan 3 bawang putih
  8. Gunakan 2 sdt garam
  9. Siapkan 1 sdt kaldu bubuk
  10. Siapkan secukupnya merica bubuk

Kalau pengin makan cilok yang lezat, gak melulu harus jauh-jauh ke Bandung dulu. Kamu pun bisa membuat cilok sendiri yang lezat. Menurut wikipedia, Cilok adalah sebuah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap, dan saus. Cilok bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya.

Cara membuat Cilok Empuk:
  1. Haluskan bumbu. Rebus air dengan bumbu halus dan daun bawang. Matikan kompor setelah mendidih.
  2. Campurkan tepung terigu dan tepung tapioka. Masukkan ke dalam air rebusan.
  3. Setelah tercampur merata dan agak dingin, masukkan telur. Uleni adonan.
  4. Bentuk cilok sesuai selera.
  5. Rebus cilok.
  6. Kukus cilok kurang lebih selama 20 menit.

Terdapat telur atau daging cincang di dalamnya, karena terbuat dari bahan dasar tapioka maka cilok terasa kenyal saat dikonsumsi. Cara Mudah Membuat Cilok Bandung yang Empuk, Kenyal dan Tahan Lama disertai Bumbu kacang yang Mantap. Cilok memang banyak macam dan variasinya. meski beranek. Agar tekstur cilok tidak sekadar kenyal, melainkan juga empuk. Kamu bisa menambahkan tepung terigu ke dalam adonan.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Cilok Empuk yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved