Resep Ayam Arak Anti Gagal

David Ray   25/10/2020 01:04

Ayam Arak
Ayam Arak

Sedang mencari inspirasi resep ayam arak yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam arak yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Bukan hanya untuk ibu setelah melahirkan herbal ini disebut "Cia po (吃补)". AYAM ARAK - YouTube Enjoy the videos and music you love, upload original content, and share it all with friends, family, and the world on YouTube. Bukan hanya untuk ibu setelah melahirkan herbal ini disebut "Cia po (吃补)".

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam arak, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan ayam arak yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan ayam arak sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Ayam Arak menggunakan 11 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Ayam Arak:
  1. Gunakan 3 ruas Jahe, iris batang korek
  2. Sediakan 3 sdm Minyak Wijen
  3. Ambil 1/2 ekor Ayam (paha), potong 6
  4. Ambil 1 sdm Air Jeruk Nipis
  5. Sediakan 150 ml Ang Ciu
  6. Ambil 200 ml Air
  7. Gunakan 1 sdm Bunga Sedap Malam
  8. Siapkan 200 gr Jamur Kuping, iris tipis
  9. Siapkan secukupnya Garam
  10. Ambil sedikit Kaldu Jamur
  11. Gunakan 1 sdm Kecap Asin

Arak terbuat dari fermentasi nira mayang kelapa, tebu, biji-bijian (misalnya beras, beras merah) atau buah, tergantung pada negara atau wilayah asalnya. Bahan distilat arak dapat dicampur, disimpan lebih lama dalam tong kayu. Ayam Arak (kee ciu) merupakan salah satu resep tradisional dari Cina, merupakan proses pengolahan ayam dengan dibumbui beberapa rempah dan arak. Ayam Arak terkenal karena mampu mempercepat proses pemulihan setelah sakit dan melahirkan, memperlancar peredaran darah, mencegah masuk angin, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Cara menyiapkan Ayam Arak:
  1. Cuci bersih ayam, lumuri air jeruk nipis & garam. Diamkan min 30 menit
  2. Goreng ayam sampai setengah matang, asal coklat saja. Angkat dan sisihkan
  3. Goreng jahe dengan minyak wijen hingga agak kering (apinya jangan terlalu besar).
  4. Setelah jahe agak kering, masukkan ayam, jamur kuping, bunga sedap malam, aduk sebentar. Tambah ang ciu dan air
  5. Masukkan garam, kaldu jamur dan kecap asin. Cek rasa
  6. Diamkan hingga bumbu meresap. Angkat dan sajikan

Ayam Arak Dulu saya merasa ayam arak tidak perlu, kesannya kuno. Tapi mertua saya mengajarkan bahwa ayam arak itu bagus untuk kita para wanita yang melahirkan bukan untuk di masa sekarang tapi untuk nanti di masa tua kita, yaitu agar badan kita tidak cepat soak. Bisa memotong secara miring untuk mendapatkan hasil yang cantik. Potong daun bawang seukuran dengan jahe dan bawang. Walau resep aslinya menggunakan aneka bahan oriental seperti arak beras dan cuka khas Tiongkok, saus hoisin, serta merica Sichuan, anda tetap bisa berkreasi dan menghasilkan sajian yang tak kalah enaknya.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan ayam arak yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved