Resep Pastel Renyah Isi Soun dan Wortel, Lezat

Eugenia Jefferson   25/08/2020 18:28

Pastel Renyah Isi Soun dan Wortel
Pastel Renyah Isi Soun dan Wortel

Lagi mencari ide resep pastel renyah isi soun dan wortel yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal pastel renyah isi soun dan wortel yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Resep Pastel Renyah Isi Soun dan Wortel favorit. Rencananya mau bikin pastel isi bihun, tapi suami malah beli soun 😅 Alhamdulillah sama-sama enak. Kulit pastelnya renyah banget, resepnya saya adaptasi dari Youtube Ibu Fatmah Bahalwan #MurahMeriah Pastel Renyah Isi Soun dan Wortel.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pastel renyah isi soun dan wortel, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan pastel renyah isi soun dan wortel enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat pastel renyah isi soun dan wortel sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Pastel Renyah Isi Soun dan Wortel menggunakan 16 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Pastel Renyah Isi Soun dan Wortel:
  1. Sediakan Bahan Isi
  2. Sediakan 1 keping soun direndam air sampai layu
  3. Gunakan 2 buah wortel potong dadu kecil
  4. Ambil 1 batang daun bawang rajang halus
  5. Ambil 3 siung bawang putih cincang
  6. Sediakan 5 siung bawang merah rajang
  7. Siapkan 1 sachet bubuk kari sulawesi
  8. Gunakan 1/2 sdt kaldu jamur
  9. Siapkan Secukupnya gula dan garam
  10. Siapkan Bahan Kulit
  11. Ambil 300 gram
  12. Ambil 100 gram margarin cair
  13. Gunakan 1 butir telur
  14. Sediakan 1 sdt kaldu jamur
  15. Gunakan 1/2 sdt garam
  16. Gunakan 75 ml air

Selain untuk kudapan keluarga, makanan ini juga sering digunakan untuk menjamu tamu baik di acara kecil atau besar. Mulai dari resep pastel goreng renyah yang berisi sayuran seperti kentang dan wortel. Kemudian resep pastel goreng ekonomis yang berisi bihun, dan ada juga pastel goreng isi kornet, sosis, telur, daging sapi dan daging ayam. Apapun jenisnya, yang jelas gorengan renyah dengan isian gurih ini selalu enak di sajikan dalam suasana apapun.

Cara menyiapkan Pastel Renyah Isi Soun dan Wortel:
  1. Pertama buat isiannya. Rendam soun dalam air sampai lemas lalu tiriskan. Tuang bubuk kari ke dalam soun yang sudah tiris lalu aduk rata. Panaskan sedikit minyak lalu tumis bawang merah dan putih sampai harum, masukkan wortel dan daun bawang, masak sampai wortel layu. Selanjutnya masukkan soun yang telah dibumbui, aduk rata. Tambahkan kaldu jamur, gula dan garam. Aduk sampai rata lalu matikan api. Sisihkan isian sampai dingin.
  2. Untuk kulitnya, pertama panaskan margarin sampai leleh, sisihkan. Dalam mangkuk besar, campur tepung dengan telur, garam dan kaldu. Aduk asal rata saja, lalu masukkan lelehan margarin. Aduk rata, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis.
  3. Setalah kalis, timbang adonan masing-masing 20-25 gram lalu bulatkan. Saya timbang 20 gram hasilnya 25 buah.
  4. Ambil satu bulatan adonan, pipihkan dengan rolling pin. Agar bentuk pastel cantik, pipihkan adonan membentuk lonjong, jangan bulat. isi dengan 1 sdm bahan isian lalu rekatkan sisi-sisinya dengan cara ditekan-tekan. Lalu buat motif ulir di pinggirannya (maaf tidak ada dokumentasi, step-step yang lebih jelas bisa lihat di Youtube)
  5. Panaskan minyak agak banyak dalam wajan. Setelah minyak benar-benar panas, kecilkan api lalu goreng pastel. Jangan memasukkan terlalu banyak pastel dalam sekali menggoreng agar renyah. Sesekali aduk dengan spatula agar matang merata. Jika sudah berwarna coklat keemasan, angkat pastel dan tiriskan.

Pastel Renyah Isi Soun dan Wortel. Rencananya mau bikin pastel isi bihun, tapi suami malah beli soun 😅 Alhamdulillah sama-sama enak. Kulit pastelnya renyah banget, resepnya saya adaptasi dari Youtube Ibu Fatmah Bahalwan #MurahMeriah Dapur Airin. Pastel goreng. porsi; Berisikan ayam dan beberapa sayuran seperti wortel dan kentang dengan tambahan irisan telur rebus di dalamnya membuat pastel menjadi hidangan yang enak dan mengenyangkan. Resep pastel pastel merupakan salah satu cemilan yang sering ditemui oleh masyarakat indonesia di penjaja makanan.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat pastel renyah isi soun dan wortel yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved