Resep Mangut Ikan Asap dan Telur Ayam ala Ratih, Menggugah Selera

Lewis Lawrence   07/12/2020 07:09

Mangut Ikan Asap dan Telur Ayam ala Ratih
Mangut Ikan Asap dan Telur Ayam ala Ratih

Lagi mencari inspirasi resep mangut ikan asap dan telur ayam ala ratih yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut ikan asap dan telur ayam ala ratih yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut ikan asap dan telur ayam ala ratih, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan mangut ikan asap dan telur ayam ala ratih enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Mangut Ikan Asap dan Telur Ayam ala Ratih E. Lihat juga resep Mangut Ikan Asap enak lainnya. Sudah cukup lama sy senang memperhatikan proses mengasap makanan, baik lewat tulisan ataupun.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah mangut ikan asap dan telur ayam ala ratih yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Mangut Ikan Asap dan Telur Ayam ala Ratih menggunakan 19 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Mangut Ikan Asap dan Telur Ayam ala Ratih:
  1. Gunakan 3 ekor ikan manyung asap
  2. Sediakan 2 ekor ikan kakap merah asap
  3. Sediakan 6 butir telur ayam rebus
  4. Ambil 4/5 santan kara
  5. Ambil Bumbu Kasar:
  6. Sediakan secukupnya pete kupas
  7. Ambil 2 buah tomat
  8. Sediakan 5 lembar daun jeruk
  9. Siapkan 5 lembar daun salam
  10. Gunakan 2 batang sereh
  11. Sediakan 20 buah cabe rawit merah
  12. Siapkan Bumbu Halus:
  13. Gunakan 10 buah cabe merah keriting
  14. Gunakan 5 buah kemiri sangrai
  15. Siapkan 1 cm kencur
  16. Siapkan 5 siung bawang merah
  17. Sediakan 5 siung bawang putih
  18. Ambil secukupnya gula merah
  19. Ambil secukupnya gula garam kaldu

Di sekitar Semarang, mangut biasanya dibuat dari ikan pari asap atau biasa disebut dengan Ikan Pe atau dalam bahasa Jawa adalah Iwak Pe. Membuat mangut ikan asap ini sangat enak dan mudah dipraktikkan. Ikan asap ini sangat banyak dijumpai ya bunda. sistem pengasapan ikan ini termasuk cara un. Resep Ikan Pe Asap Mangut Istimewa - Resep Masakan Ikan kali ini adalah olahan ikan asap yang bisa dibilang masakan tradisional Indonesia.

Cara membuat Mangut Ikan Asap dan Telur Ayam ala Ratih:
  1. Buat bumbu halus, tumis hingga harum, tambah kan sedikit minyak.
  2. Setelah harum masuk kan air secukupnya (untuk merendam ikan dan telur), santan, sereh dan daun salam aduk hingga mendidih.
  3. Masuk kan ikan dan telur rebus, lalu tambahkan tomat, cabe rawit, pete, gula merah, gula putih, garam, dan kaldu bubuk, tunggu hingga kuah mengental. Cek rasa sebelum disajikan.
  4. Sajikan dengan nasi putih hangat.

Masakan olahan ikan ini sudah banyak di seluruh rumah makan Indonesia, khususnya dan biasanya dijumpai di warteg-warteg seluruh kota. Pada Video kali ini saya akan share Rersep Memasak ikan asap santan enak dan sederhana, sangat mudah bun resepnya, di tonton ya bun videonya. Ikan cucut merupakan jenis ikan bertulang rawan yang bentuknya pipih dan panjang. Ketika sudah diasap, ikan cucut akan menghasilkan citarasa gurih dan aroma pembakaran yang khas. Jangan lupa like komen share and subcribe Masakan ini resep dari saya sendiri terima kasih 😀👍 Hidangan tradisional ini emang paling enak rasanya!

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Mangut Ikan Asap dan Telur Ayam ala Ratih yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved