Langkah Mudah untuk Membuat Ikan nila bakar sambal dabu-dabu, Menggugah Selera

Abbie Foster   21/10/2020 10:17

Ikan nila bakar sambal dabu-dabu
Ikan nila bakar sambal dabu-dabu

Anda sedang mencari ide resep ikan nila bakar sambal dabu-dabu yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ikan nila bakar sambal dabu-dabu yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ikan nila bakar sambal dabu-dabu, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan ikan nila bakar sambal dabu-dabu yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Ikan Bakar Sambal Dabu-dabu Grilled fish or Ikan bakar is very popular in Indonesia, especially in Sulawesi and Maluku where most of the people work as the seaman/fisherman. Ikan bakar sambal dabu-dabu is a speciality from Gorontalo (Nothern Sulawesi), which is grilled fish served with special chillies salad called 'sambal dabu-dabu'. YO WASAPPP!!!! akhirnya #MaceTin masak IKAN BAKAR SAMBAL DABU DABU KHAS MANADO Ala Mace Tin yummmy. 🔺Song by🔺 : Reasons To Hope - Reed Mathis https://stud.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat ikan nila bakar sambal dabu-dabu sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Ikan nila bakar sambal dabu-dabu menggunakan 16 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Ikan nila bakar sambal dabu-dabu:
  1. Ambil 3 ekor ikan nila
  2. Ambil minyak sayur
  3. Ambil secukupnya kecap
  4. Siapkan secukupnya margarin
  5. Sediakan 10 cabe rawit,
  6. Siapkan 2 siung bawang merah
  7. Ambil 1 butir tomat
  8. Siapkan jeruk nipis
  9. Sediakan secukupnya garam
  10. Ambil secukupnya gula
  11. Sediakan bumbu halus:
  12. Gunakan 4 siung bawang putih
  13. Gunakan 1 cm kunyit
  14. Gunakan 1 sdm ketumbar
  15. Ambil 3 butir kemiri
  16. Gunakan secukupnya garam

Bakar ikan di atas bara arang batok atau di atas api. Bakar hingga matang sambil sesekali dibalik, angkat. Setelah ikan matang, sirami ian dengan air jeruk nipis dan bakar kembali sebentar sampai ikan agak mengering. Sajikan ikan diatas piring bersama dengan sambal dabu-dabu yang dibuat dari bahan sambal yang diaduk merata tadi.

Cara menyiapkan Ikan nila bakar sambal dabu-dabu:
  1. Cuci dan bersihkan ikan, kucuri air jeruk nipis, diamkan sebentar, lalu bilas.
  2. Ulek semua bumbu halus, lalu balurkan ke ikan hingga merata, diamkan selama 30 menit agar bumbu meresap.
  3. Goreng ikan hingga setengah matang, jangan sampai terlalu kering, angkat dan tiriskan.
  4. Sementara menggoreng ikan, kita siapkan bumbu bakar olesnya: campur kecap manis dengan margarin hingga merata.
  5. Bakar ikan di atas bara api/teflon, olesi dengan bumbu oles sampai merata, bolak balik sampai ikan matang.
  6. Sambal dabu-dabu: iris tipis cabe rawit dan bawang merah. iris dadu tomat. campurkan semuanya dalam mangkok, beri garam dan gula. Lalu kucuri dengan air jeruk nipis sedikit dan siram dengan minyak panas, aduk rata.
  7. Ini asli enak dan seger banget.. anak dan suami doyaaan..

Hidangan ini akan terasa lebih lezat dinikmati dengan nasi hangat. Bumbu dan cara membuat sajian sambal ini begitu khas, begitu pula dengan penyajiannya yang merupakan pelengkap dari ikan bakar, goreng, atau hidangan seafood. Ditemani pemandangan indah kota Manado, hidangan yang disertai sambal dabu-dabu mampu membangkitkan selera makan Anda. Bunda dan sahabat cinta video kali ini kita membuat Ikan nila goreng dan sambel dabu dabu khas manado. Sambel dabu dabu khas manado ini rasanya asem pedes seger krenyes-krenyes gitu ditambah ikan.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Ikan nila bakar sambal dabu-dabu yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved