Resep Mangut ikan asap, Enak Banget

Theresa Myers   01/12/2020 21:33

Mangut ikan asap
Mangut ikan asap

Lagi mencari inspirasi resep mangut ikan asap yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut ikan asap yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut ikan asap, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan mangut ikan asap yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Lihat juga resep Mangut Ikan Asap enak lainnya. Mangut biasanya terbuat dari ikan pari asap atau biasa disebut ikan pe dan diberi kuah santan yang dipadukan dengan bermacam bumbu rempah. Namun dibeberapa daerah yang lain, juga digunakan jenis ikan yang lain seperti ikan lele ataupun ikan mujair.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah mangut ikan asap yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Mangut ikan asap menggunakan 14 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Mangut ikan asap:
  1. Ambil 1 ekor ikan asap (saya pakai manyung)
  2. Gunakan Pelengkap bisa memakai tahu/tempe
  3. Sediakan 1 buah tomat
  4. Gunakan 1 batang sereh
  5. Ambil 1 ruas laos
  6. Gunakan 1 daun salam / daun jeruk
  7. Siapkan 5 cabe setan (optional)
  8. Sediakan Bumbu halus :
  9. Sediakan 2 butir bawang merah
  10. Sediakan 2 butir bawang putih
  11. Siapkan 2 butir kemiri
  12. Ambil secukupnya Gula garam penyedap
  13. Siapkan 1 bungkus santan kara
  14. Sediakan secukupnya Air

Mau praktek buat homemade bandeng presto. Eeeh ketemu juga sama tukang jual ikan pari asap. Girang bukan kepalang, jadi sekalian buat mangut ikan pari asap deh. Versi saya cabai rawit yang dihaluskan agak banyak aja.

Cara menyiapkan Mangut ikan asap:
  1. Haluskan semua bahan bumbu kemudian tumis hingga harum
  2. Kemudian masukan air masukan bumbu yg sudah ditumis, masukan sereh laon daun jeruk/salam, tomat, cabe setan, masukan gula garam penyedap secukupnya
  3. Tes rasa dan sajikan
  4. Masukan ikan asap dan santan kemudian aduk terus agar santan tidak pecah

Maklum saya dan suami "setan pedas". Mantapnya maksimal deh resep mangut ini. Resep Ikan Pe Asap Mangut Istimewa - Resep Masakan Ikan kali ini adalah olahan ikan asap yang bisa dibilang masakan tradisional Indonesia. Masakan olahan ikan ini sudah banyak di seluruh rumah makan Indonesia, khususnya dan biasanya dijumpai di warteg-warteg seluruh kota. Jadi mohon dimaklumi klo suamiku endut🤭 Masakan Ilmiah.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat mangut ikan asap yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved