Resep Mangut ikan asap/panggang yang Enak Banget

Nellie Cunningham   09/09/2020 16:43

Mangut ikan asap/panggang
Mangut ikan asap/panggang

Lagi mencari inspirasi resep mangut ikan asap/panggang yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut ikan asap/panggang yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Mangut Ikan Asap enak lainnya. Sayur Mangut (ikan asap / panggang) Pedes. tahu coklat, ikan asap (sesuai kan), Bumbu iris :, Bawang merah, Bawang putih, Cabe merah keriting, Cabe rawit setan, Daun salam sri mujiati. Alhamdulillah dpat telur dari tetangga akhirnya pengen masak mangut Theresia Hapsari.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut ikan asap/panggang, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan mangut ikan asap/panggang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah mangut ikan asap/panggang yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Mangut ikan asap/panggang menggunakan 20 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Mangut ikan asap/panggang:
  1. Siapkan 5 buah ikan asap manyung
  2. Ambil 5 buah tahu potong2
  3. Ambil 1 papan tempe potong2
  4. Siapkan 1 buah terong hijau
  5. Gunakan 2 jari lengkuas geprek
  6. Sediakan 2 lembar daun salam
  7. Ambil 3 lembar daun jeruk
  8. Ambil 1 buah serai geprek
  9. Ambil cabe rawit utuh (jika suka)
  10. Gunakan 1 buah tomat potong2
  11. Ambil secukupnya garam
  12. Gunakan secukupnya gula
  13. Gunakan 1 liter santan
  14. Ambil 200 ml air
  15. Gunakan Bumbu yg dihaluskan :
  16. Siapkan 3 siung bawang putih
  17. Ambil 5 siung bawang merah
  18. Siapkan 4 buah cabe keriting
  19. Gunakan 1 cm kunyit (aku dibakar dulu bentar)
  20. Ambil 1 cm kencur

Mangut merupakan makanan berkuah santan dengan bumbu rempah-rempah yang menjadikan rasanya gurih pedas dan dengan aroma ikan asap yang khas. Apabila kamu sedang mengunjungi kota-kota di pesisir utara, kamu dapat mencoba makanan tradisional ini. Sedangkan Mangut merupakan nama masakan panggang (ikan asap) tersebut. Ciri khas ikan asap ini adalah baunya yang sangit.

Langkah-langkah menyiapkan Mangut ikan asap/panggang:
  1. Sebelum kita memasak siapkan semua bahan2nya terlebih dahulu
  2. Tumis bumbu yg sudah dihaluskan beserta garam lalu masukan ikan asap (diungkep bentar)
  3. Setelah itu masukan daun salam,lengkuas,serai serta tahu,tempe,terong,gula merah dan tambahkan air sampai mendidih
  4. Setelah air mendidih masukan santan sampai mendidih (masukan cabe rawit utuh jika suka) beri penyedap rasa
  5. Sajikan selagi hangat bersama dengan krupuk

Bau sangit inilah yang menjadi daya tarik dari ikan asap ini. Jangan khawatir akan bau sangit tersebut, bau itu tidak ditimbulkan dari daging ikan, melainkan dari tempurung kelapa yang digunakan untuk proses pengasapan. Resep Ikan Pe Asap Mangut Istimewa - Resep Masakan Ikan kali ini adalah olahan ikan asap yang bisa dibilang masakan tradisional Indonesia. Masakan olahan ikan ini sudah banyak di seluruh rumah makan Indonesia, khususnya dan biasanya dijumpai di warteg-warteg seluruh kota. Makan malam hari ini terasa spesial karena adanya kiriman mangut ikan asap dari saudara saya.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Mangut ikan asap/panggang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved