Bagaimana Membuat Mangut Ikan Asap yang Enak Banget

Kenneth Stone   11/11/2020 11:49

Mangut Ikan Asap
Mangut Ikan Asap

Sedang mencari inspirasi resep mangut ikan asap yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut ikan asap yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Mangut Ikan Asap enak lainnya. Mangut biasanya terbuat dari ikan pari asap atau biasa disebut ikan pe dan diberi kuah santan yang dipadukan dengan bermacam bumbu rempah. Namun dibeberapa daerah yang lain, juga digunakan jenis ikan yang lain seperti ikan lele ataupun ikan mujair.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut ikan asap, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan mangut ikan asap yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah mangut ikan asap yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Mangut Ikan Asap memakai 22 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Mangut Ikan Asap:
  1. Gunakan 5 potong tongkol asap
  2. Ambil 3 potong ikan pari asap
  3. Siapkan 3 potong ikan manyung asap
  4. Siapkan 5 buah Tahu
  5. Sediakan 2 buah Terong
  6. Gunakan Bumbu halus
  7. Gunakan secukupnya Bawang merah
  8. Sediakan secukupnya Bawang putih
  9. Ambil secukupnya Kemiri
  10. Siapkan secukupnya Merica
  11. Siapkan secukupnya Ketumbar
  12. Siapkan 1 cm Kencur
  13. Siapkan 2 cm Jahe
  14. Gunakan 2 cm Kunyit
  15. Siapkan secukupnya Cabe
  16. Gunakan Bumbu geprek
  17. Gunakan Lengkuas 3cm geprek
  18. Gunakan 5 lembar daun jeruk robek dikit
  19. Ambil 2 helai daun salam
  20. Ambil 2 buah serai geprek
  21. Gunakan Secukupnya garam gula dan kaldu jamur/ayam
  22. Sediakan 1 1/2 bungkus Santan kara

Mau praktek buat homemade bandeng presto. Eeeh ketemu juga sama tukang jual ikan pari asap. Girang bukan kepalang, jadi sekalian buat mangut ikan pari asap deh. Versi saya cabai rawit yang dihaluskan agak banyak aja.

Langkah-langkah membuat Mangut Ikan Asap:
  1. Cuci ikan asap tiriskan lalu goreng biar bersih
  2. Haluskan semua bumbu halus bisa di blender atau di ulek (saya ulek mak biar bumil olahraga tanganya hahaaha)
  3. Siapkan terong nya..dicuci potong terus direndam air biar ngga item boleh ditambah kacang panjang tp kebetulan saya ga punya 😢
  4. Setelah semua siap
  5. Goreng semua bumbu sampai wangi… setelah wangi masukan santan kara yg sudah di cairkan sampai mendidih lalu masukan ikan asap.. tahu.. garam lada bubuk dan kaldu bubuk
  6. Tunggu sampai meresap baru masukan terongnya biar tidak hancur (krn suami tdk doyan terong) 😆 tunggu sampai terong matang ya mak
  7. Taraaaaaa sudah siap di hidangkan

Maklum saya dan suami "setan pedas". Mantapnya maksimal deh resep mangut ini. Resep Ikan Pe Asap Mangut Istimewa - Resep Masakan Ikan kali ini adalah olahan ikan asap yang bisa dibilang masakan tradisional Indonesia. Masakan olahan ikan ini sudah banyak di seluruh rumah makan Indonesia, khususnya dan biasanya dijumpai di warteg-warteg seluruh kota. Jadi mohon dimaklumi klo suamiku endut🤭 Masakan Ilmiah.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Mangut Ikan Asap yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved