Cara Gampang Membuat Mangut tahu santan yang Lezat Sekali

Lillian Walters   19/11/2020 19:23

Mangut tahu santan
Mangut tahu santan

Sedang mencari ide resep mangut tahu santan yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut tahu santan yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut tahu santan, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan mangut tahu santan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

KOMPAS.com - Mangut ikan merupakan salah satu olahan tradisional dari Jawa Tengah. Ikan yang diolah menjadi mangut bisa ikan air tawar dan ikan laut, salah satunya nila. Baca juga: Resep Mangut Lele Yogyakarta, Nikmati dengan Kemangi Nila dimasak kuah santan dengan bumbu sederhana seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai, lengkuas, dan belimbing wuluh.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat mangut tahu santan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Mangut tahu santan memakai 18 bahan dan 2 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Mangut tahu santan:
  1. Ambil 3 tusuk ikan manyung asap
  2. Sediakan 6 buah tahu kres
  3. Siapkan minyak untuk menumis
  4. Siapkan Seruas laos geprek
  5. Sediakan 1 lembar daun salam
  6. Ambil 4 buah lombok setan utuh
  7. Sediakan 2 lembar daun jeruk
  8. Gunakan 1 batang serai geprek
  9. Sediakan gula
  10. Sediakan Garam
  11. Gunakan 1 bungkus santan instan
  12. Siapkan 2 gelas air
  13. Ambil Bumbu halus:
  14. Ambil 5 siung bawang merah
  15. Sediakan 3 siung bawang putih
  16. Ambil 2 buah kemiri
  17. Sediakan 5 buah lombok merah
  18. Sediakan Seruas kunyit

Apabila kamu sedang mengunjungi kota-kota di pesisir utara, kamu dapat mencoba makanan tradisional ini. Merdeka.com - Sebagian masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing dengan menu hidangan mangut. Biasanya, menu ini menyajikan ikan lele dengan kuah santan yang telah diolah dengan berbagai bumbu rempah. Hidangan ini merupakan salah satu kuliner tradisional khas Jawa yang memiliki cita rasa gurih dan sedikit pedas.

Langkah-langkah membuat Mangut tahu santan:
  1. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan ikan manyung dan tahu, air 2 gelas belimbing (sesuai selera), laos, salam, daun jeruk, serai, lombok setan utuh, tunggu mendidih
  2. Setelah mendidih, masukkan santan, garam dan gula. Tunggu sampai kuah agak mengental. Koreksi rasa dan taburi bawang goreng lalu sajikan

Tambahkan santan sambil terus diaduk agar santan tidak pecah, masak hingga bumbu meresap. Koreksi rasa, apabila sudah pas, tambahkan tomat, masak sebentar, lalu angkat dan matikan kompor. Sajikan mangut ikan asap selagi hangat. Bagaimana, tidak terlalu sulit kan resep dan cara membuat mangut ikan asap ini. KOMPAS.com - Mangut lele, makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang dimasak santan ini bisa dijadikan menu makan utama keluarga.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat mangut tahu santan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved