Resep Asam manis ikan asin Telang / tenggiri yang Lezat

Cory Burgess   25/09/2020 18:51

Asam manis ikan asin Telang / tenggiri
Asam manis ikan asin Telang / tenggiri

Anda sedang mencari inspirasi resep asam manis ikan asin telang / tenggiri yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal asam manis ikan asin telang / tenggiri yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari asam manis ikan asin telang / tenggiri, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan asam manis ikan asin telang / tenggiri yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Ikan Asin Tenggiri (Telang) Asam Manis Pedas #Dandelion Resep ini hampir sama dengan postingan resep Ikan Asin Tenggiri sebelumnya, bedanya dalam resep ini bawang dan cabenya saya haluskan (biasanya cukup dengan di iris saja). Ikan Asin Tenggiri (Telang) Asam Manis Pedas #Dandelion. Resep ini hampir sama dengan postingan resep Ikan Asin Tenggiri sebelumnya, bedanya dalam resep ini bawang dan cabenya saya haluskan (biasanya cukup dengan di iris saja).

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat asam manis ikan asin telang / tenggiri yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Asam manis ikan asin Telang / tenggiri menggunakan 7 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Asam manis ikan asin Telang / tenggiri:
  1. Ambil 1 ons ikan asin Telang / tenggiri rendam dg air panas sebentar
  2. Siapkan secukupnya Air Asam jawa
  3. Gunakan 8 siung Bawang merah diiris tipis
  4. Ambil 3 siung Bwang putih diiris tipis
  5. Ambil Cabe rawit, cabe merah & ijo diiris tipis
  6. Sediakan secukupnya Garam & gula
  7. Siapkan 1 biji Tomat diiris tipis

Ikan asin tenggiri (telang) masak asam atau di tempat saya tinggal, Tabalong-Kalimantan Selatan lebih familiar disebutnya dengan iwak karing telang masak asam ini adalah menu penggugah selera yang gak ada matinya dan menjadi favor. Ikan asam manis ini dimasak dengan cara digoreng tepung, kemudian dicampur dengan saus asam manis. Seperti namanya, Masak Asam Talang atau Telang Asam Manis terbuat dari ikan asin telang. Ada yang menyebut ikan asin talang adalah nama lain dari tenggiri, walaupun saya tidak yakin mereka berdua berasal dari jenis yang sama.

Langkah-langkah menyiapkan Asam manis ikan asin Telang / tenggiri:
  1. Goreng ikan telang / tengiri sampai kering lalu di suwir suwir
  2. Tumis bawang putih dengan minyak sampai harum, lalu masukkan bawang merah dan cabe aduk sampai harum.
  3. Masukkan irisan tomat ke dalam tumisan tadi aduk aduk sampai menyatu, kemudiaan tambahkan gula, garam dan air asam, jangan lupa beri sedikit terasi bunda, menambah aroma sedap alami saat ditumis. Aduk sampai bumbu matang. Lalu masukkan suwiran ikan asin telang yg sudah di suwir. aduk aduk. Asam manis telang khas banjar sudah siap menemani sepiring nasi hangat.

Untuk memasaknya, ikan asin talang yang sudah bersih dipotong-potong terlebih dahulu berbentuk dadu, kemudian digoreng. Tenggiri yang digunakan tentu saja yang sudah dikeringkan dong ya. Biasanya ibu saya menambahkan sedikit gula merah untuk olahan telang asam manis ini. Selain enak dan menggugah selera, ikan telang asam manis ini juga bisa dinikmati sampai berhari-hari loh asal terus dipanaskan. Tapi ya kadang ikan telang asam manis udah habis dicemil duluan.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan asam manis ikan asin telang / tenggiri yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved