Resep Mangut ikan panggang/ asap, Menggugah Selera

Chad Lambert   13/10/2020 15:32

Mangut ikan panggang/ asap
Mangut ikan panggang/ asap

Anda sedang mencari ide resep mangut ikan panggang/ asap yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut ikan panggang/ asap yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Mangut Ikan Asap enak lainnya. Sayur Mangut (ikan asap / panggang) Pedes. tahu coklat, ikan asap (sesuai kan), Bumbu iris :, Bawang merah, Bawang putih, Cabe merah keriting, Cabe rawit setan, Daun salam sri mujiati. Alhamdulillah dpat telur dari tetangga akhirnya pengen masak mangut Theresia Hapsari.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut ikan panggang/ asap, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan mangut ikan panggang/ asap yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah mangut ikan panggang/ asap yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Mangut ikan panggang/ asap memakai 18 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Mangut ikan panggang/ asap:
  1. Siapkan 8 potong ikan asap (ikan apa saja tongkol/lele/ manyung/pari)
  2. Gunakan 1-2 terong potong potong
  3. Sediakan 3 tahu putih (optional)
  4. Sediakan 1 tomat potong potong (optional)
  5. Sediakan 2 daun salam
  6. Ambil 3 daun jeruk
  7. Ambil 1 bungkus santan kara
  8. Sediakan sesuai selera cabai rawit glondongan
  9. Siapkan Serai, geprek
  10. Gunakan lengkuas, geprek
  11. Gunakan Kaldu bubuk (masako dll)
  12. Sediakan 1 sdm gula pasir
  13. Siapkan Bumbu halus
  14. Sediakan 4 bawang putih
  15. Ambil 5 bawang merah
  16. Sediakan Seruas kunyit, kencur, jahe
  17. Ambil 3 kemiri
  18. Siapkan sesuai selera Cabai

Masakan olahan ikan ini sudah banyak di seluruh rumah makan Indonesia, khususnya dan biasanya dijumpai di warteg-warteg seluruh kota. Girang bukan kepalang, jadi sekalian buat mangut ikan pari asap deh. Versi saya cabai rawit yang dihaluskan agak banyak aja. Maklum saya dan suami "setan pedas".

Langkah-langkah menyiapkan Mangut ikan panggang/ asap:
  1. Siapkan bahan, cuci bersih.
  2. Haluskan bumbu halus, tumis di minyak panas bersama serai, daun jeruk salam lengkuas, tumis hingga wangi.
  3. Beri air sesuai selera mau encer atau kental hasilnya (sy 4 gelas air krn suka mangut ga tll kental). Masukkan terong hingga layu, masukkan ikan panggang beserta bumbu kaldu, gula, garam.
  4. Setelah meletup masukkan 1 bks santan, cabai gelondongan tambahkan 2 sdm minyak goreng, masak hingga benar benar matang, cek rasa.
  5. Matikan kompor, masukkan tomat, biarkan 1 jam an sblm dinikmati, agar dapet rasa panggang nya..kl sy makannya sll sy tambah kecap, endeees..

Mantapnya maksimal deh resep mangut ini. Mangut merupakan sajian berkuah santan dengan bahan utama ikan dengan sensasi rasa gurih, sedikit asam dan pedas. Sedangkan iwak pe adalah ikan pari asap yang hasilkan citarasa unik. Makan malam hari ini terasa spesial karena adanya kiriman mangut ikan asap dari saudara saya. Rasa kuah koto yang gurih dan pedas nampol memang sulit untuk ditolak.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat mangut ikan panggang/ asap yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved