Resep Ikan Manyung Bumbu Mangut Pedas yang Enak

Scott Huff   21/06/2020 01:06

Ikan Manyung Bumbu Mangut Pedas
Ikan Manyung Bumbu Mangut Pedas

Lagi mencari inspirasi resep ikan manyung bumbu mangut pedas yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ikan manyung bumbu mangut pedas yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ikan manyung bumbu mangut pedas, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan ikan manyung bumbu mangut pedas yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Kalo di daerah Semarang dan juga daerah pesisir pantura pasti sudah tidak asing lagi dengan masakan yang satu ini ya moms. Yup. kepala ikan manyung yang di asap di masak dengan bumbu pedas. Saya akan coba bagikan resep nya.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat ikan manyung bumbu mangut pedas yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Ikan Manyung Bumbu Mangut Pedas memakai 16 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Ikan Manyung Bumbu Mangut Pedas:
  1. Gunakan 3 potong ikan manyung, cuci bersih, goreng sebentar, tiriskan
  2. Sediakan 3 potong tahu kuning, iris kotak, goreng sebentar, tiriskan
  3. Sediakan 100 cc santan kental
  4. Siapkan 7 buah cabe hijau besar, buang bijinya, rajang kasar
  5. Gunakan 0,5 sendok makan garam
  6. Gunakan 1 sendok makan gula
  7. Gunakan 3 lembar daun salam
  8. Siapkan 5 cm laos, digeprek
  9. Gunakan 2 buah serai/kamijara, ambil putihnya dan digeprek
  10. Siapkan 300 cc air
  11. Sediakan secukupnya Minyak goreng untuk menumis
  12. Ambil secukupnya Royco rasa ayam bila perlu
  13. Siapkan Bumbu-Bumbu Yang Dihaluskan :
  14. Gunakan 5 siung bawang putih
  15. Siapkan 5 butir bawang merah
  16. Sediakan 15 buah cabe rawit merah

Resep Mangut Ikan Manyung Khas Semarang. sebagai orang asli semarang, Mangut Ikan Manyung ini jadi menu favorit keluarga. Kali ini saya buat dengan bumbu iris serta pemakaian bumbu pawon yang tidak pelit ya, agar ikan manyung asap ini tidak amis dan bertambah sedap ketika disantap. Masakan kepala ikan manyung kuah pedas sangat terkenal di wilayah pesisir utara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Hidangan laut ini memakai banyak bumbu.

Cara menyiapkan Ikan Manyung Bumbu Mangut Pedas:
  1. Tumis bumbu-bumbu yang dihaluskan, sampai keluar bau harum masakan. Masukkan daun salam, laos, dan serai. Tumis sampai layu.
  2. Tambahkan air, garam, dan gula. Tunggu sampai mendidih. Cicipi/cek rasa.
  3. Masukkan ikan manyung dan tahu kuning. Aduk sampai bumbu meresap.
  4. Tambahkan santan kental dan rajangan cabe hijau. Aduk-aduk sebentar sampai santan mendidih tetapi tidak pecah. Cicipi/cek rasa. Ikan Manyung Bumbu Mangut Pedas siap dihidangkan.

Hal itu memang sengaja dibuat untuk menyamarkan bau amis. Meskipun yang digunakan bagian kepala, tapi masih tetap saja layak dimakan karena banyak terdapat daging pada bagian tersebut. Oleh sebab itu, pilih kepala manyung yang besar supaya banyak. Jakarta - Di sini ada mangut kepala manyung pedas menggigit plus botok petai cina. Dibuat dengan resep turun-temurun selama tiga generasi, restoran ini punya banyak penggemar.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat ikan manyung bumbu mangut pedas yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved