Cara Gampang Membuat Mangut kepala manyung khas juwana Anti Gagal

Frances Hicks   05/07/2020 05:06

Mangut kepala manyung khas juwana
Mangut kepala manyung khas juwana

Lagi mencari ide resep mangut kepala manyung khas juwana yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut kepala manyung khas juwana yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Salah satunya, adalah mangut kepala manyung atau mangut ndas manyung. Sejatinya, hidangan ini merupakan semacam gulai bercita rasa pedas. Isiannya cuma satu: kepala ikan manyung berukuran jumbo.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut kepala manyung khas juwana, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan mangut kepala manyung khas juwana yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan mangut kepala manyung khas juwana sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Mangut kepala manyung khas juwana menggunakan 18 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Mangut kepala manyung khas juwana:
  1. Gunakan 2 buah Kepala manyung uk sedang
  2. Ambil 1 buah Jeruk nipis
  3. Sediakan 1 bungkus santan instan
  4. Sediakan 6 buah cabe rawit setan (iris)
  5. Sediakan Bumbu halus
  6. Siapkan 6 siung bawang merah
  7. Gunakan 6 siung bawang putih
  8. Sediakan 5 butir kemiri
  9. Ambil 1 ruas kunyit
  10. Gunakan 4 buah cabe merah
  11. Siapkan 2 lbr daun jeruk
  12. Ambil 2 lbr daun salam
  13. Gunakan 1 ruas lengkuas geprek
  14. Gunakan Secukupnya gula merah
  15. Sediakan Secukupnya garam
  16. Siapkan Secukupnya kaldu ayam
  17. Siapkan Secukupnya air
  18. Ambil Secukupnya minyak untuk menumis

Bagi yang gemar menyantap makanan pedas bisa mencoba Mangut Ndas Manyung. Lihat juga resep Mangut Kepala (Ndas) Ikan Manyung (asap) khas Jepara enak lainnya. MANGUT PEDES KEPALA MANYUNG ala JUWANA Mangut, diskripsi paling sederhananya adalah sebuah menu masakan seperti gulai dengan rasa pedas dengan nuansa khas Jawa Tengah. Adapaun tingkat kepedasannya mulai dari pedas hingga pedas sekali.

Cara membuat Mangut kepala manyung khas juwana:
  1. Cuci bersih kepala manyung, supaya tidak terlalu amis cuci dengan air panas yang telah di kucuri air jeruk nipis
  2. Tumis bumbu halus sampai matang, masukkan air kemudian santan instan, aduk perlahan sampai mendidih, tes rasa
  3. Kemudian masukkan kepala manyung aduk2 perlahan, masukkan irisan cabe rawit setan, tunggu sampai kepala manyung matanh atau terlihat sudah empuk
  4. Angkat dan hidangkan, saya beri tambahan bawang goreng dan irisan tomat supaya lebih niqmat 😊

Sajian kuliner ini bisa disebut sebagai salah satu kuliner andalan kota JUWANA. Gulai Kepala Ikan Manyung, Kuliner Andalan Pantura Juwana. Mangut Ndas Manyung dalam bahasa Indonesia berarti Mangut Kepala Manyung. Makanan ini merupakan kuliner andalan Juwana, Pati. Lihat juga resep Kepala manyung/mangut semarang enak lainnya.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Mangut kepala manyung khas juwana yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved