Langkah Mudah untuk Menyiapkan Asam manis ikan asin telang tenggiri, Menggugah Selera

Rose Jacobs   02/08/2020 01:31

Asam manis ikan asin telang tenggiri
Asam manis ikan asin telang tenggiri

Sedang mencari inspirasi resep asam manis ikan asin telang tenggiri yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal asam manis ikan asin telang tenggiri yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari asam manis ikan asin telang tenggiri, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan asam manis ikan asin telang tenggiri enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Ikan Asin Tenggiri (Telang) Asam Manis Pedas #Dandelion Resep ini hampir sama dengan postingan resep Ikan Asin Tenggiri sebelumnya, bedanya dalam resep ini bawang dan cabenya saya haluskan (biasanya cukup dengan di iris saja). Ikan Asin Tenggiri (Telang) Asam Manis Pedas #Dandelion. Resep ini hampir sama dengan postingan resep Ikan Asin Tenggiri sebelumnya, bedanya dalam resep ini bawang dan cabenya saya haluskan (biasanya cukup dengan di iris saja).

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan asam manis ikan asin telang tenggiri sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Asam manis ikan asin telang tenggiri menggunakan 10 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Asam manis ikan asin telang tenggiri:
  1. Gunakan 1 1/2 ons ikan asin telang tenggiri
  2. Sediakan 5 siung bawang merah
  3. Gunakan 2 siung bwh putih
  4. Sediakan 10 biji cabe rawit (bs ditambah kan ato dikurang)
  5. Ambil 2 biji cabe besar (hijau+merah)
  6. Gunakan 2 biji tomat besar
  7. Siapkan 1 sdm Gula merah & garam secukup nyaa
  8. Ambil 2 sdm air asam jawa
  9. Gunakan Minyak goreng secukup nyaa
  10. Sediakan Air secukup nyaa

Ikan asam manis ini dimasak dengan cara digoreng tepung, kemudian dicampur dengan saus asam manis. Ikan asin tenggiri (telang) masak asam atau di tempat saya tinggal, Tabalong-Kalimantan Selatan lebih familiar disebutnya dengan iwak karing telang masak asam ini adalah menu penggugah selera yang gak ada matinya dan menjadi favor. Ada yang menyebut ikan asin talang adalah nama lain dari tenggiri, walaupun saya tidak yakin mereka berdua berasal dari jenis yang sama. Untuk memasaknya, ikan asin talang yang sudah bersih dipotong-potong terlebih dahulu berbentuk dadu, kemudian digoreng.

Langkah-langkah membuat Asam manis ikan asin telang tenggiri:
  1. Cuci bersih ikan,potong dadu laku goreng setengah matang
  2. Iris bawang merah,bawang putih,cabe rawit,cabe besar,tomat,,
  3. Tumis semua irisan,tumis sampai harum stlh itu msk kan gula merah cincang,garam dan air asam jawa
  4. Masak sampai mendidih kemudian masukan ikan yg sdh digoreng td,tmbh kan air secukup nyaa sambil tes rs,sampai air mnyusut dan siap disajikan

Tenggiri yang digunakan tentu saja yang sudah dikeringkan dong ya. Biasanya ibu saya menambahkan sedikit gula merah untuk olahan telang asam manis ini. Selain enak dan menggugah selera, ikan telang asam manis ini juga bisa dinikmati sampai berhari-hari loh asal terus dipanaskan. Tapi ya kadang ikan telang asam manis udah habis dicemil duluan. Tumis Ikan Asin Tenggiri Asam Manis. foto: Instagram/@safiradesyartie.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat asam manis ikan asin telang tenggiri yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved