Langkah Mudah untuk Menyiapkan Mangut Kepala Manyung, Enak

Isaiah Daniel   16/08/2020 15:30

Mangut Kepala Manyung
Mangut Kepala Manyung

Lagi mencari ide resep mangut kepala manyung yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut kepala manyung yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Jakarta - Di sini ada mangut kepala manyung pedas menggigit plus botok petai cina. Dibuat dengan resep turun-temurun selama tiga generasi, restoran ini punya banyak penggemar. Mangut Kepala Manyung is a special traditional north costal area of Java dish which not many people are able to make it 'right' nowadays.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut kepala manyung, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan mangut kepala manyung enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat mangut kepala manyung yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Mangut Kepala Manyung menggunakan 21 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Mangut Kepala Manyung:
  1. Gunakan 3 buah kepala manyung cuci bersih
  2. Gunakan 1 papan tempe potong2
  3. Sediakan 5 tahu kuning di potong2
  4. Ambil bumbu :
  5. Ambil 10 cabe merah keriting iris serong
  6. Sediakan 20 cabe rawit merah iris serong
  7. Siapkan 4 lembar daun jeruk nipis
  8. Gunakan 2 lembar daun salam
  9. Ambil 1 buah tomat potong2
  10. Siapkan bumbu halus :
  11. Siapkan 8 siung bwg putih
  12. Gunakan 10 siung bwg merah
  13. Ambil 1 cm kunyit
  14. Siapkan 2 cm jahe
  15. Ambil 2 cm kencur
  16. Siapkan 5 butir kemiri
  17. Ambil secukupnya gula jawa
  18. Sediakan secukupnya garam
  19. Sediakan minyak untuk menumis
  20. Gunakan santan dari 1 butir kelapa
  21. Sediakan bawang merah goreng untuk taburan

Karena itulah, buat kamu yang kurang gemar dengan kuliner pedas, bisa kurang-kurangi cabainya. Kepala Ikan Manyung Mangut Bu Fat jadi salah satu makanan legendaris dari Semarang. Kamu bisa saja membuatnya sendiri di rumah. Bersihkan dan potong Ikan Kepala ikannya lembuut, dan itu bumbu yaaa, diolesin merata di kepala Manyung , endeeeus meresap sampai ke dalam-dalam.

Langkah-langkah menyiapkan Mangut Kepala Manyung:
  1. Tumis semua bumbu kecuali tomat sampai harum
  2. Masukkan gula dan garam tambah kan sedikit air masak sampai gula mencair
  3. Tambah kan santan encer masak sampai mendidih kemudian masukkan kepala manyung dan tempe tahu…masak lagi sampai mendidih
  4. Setelah mendidih tambahkan santan kental dan potongan tomat…masak hingga matang….tes rasa lalu matikan api dan taburi dengan bawang merah goreng
  5. Mangut kepala manyung siap di nikmati dengan nasi hangat…:-D Happy cooking :-D

Jadi pas di hisep, berasa puaaaas banget ;). Aku rada cerewet soal ikan , amis dikit, langsung ga napsu :p. Nah mangut manyung ini, lebih dominan bau daging ikan yang diasapi. Kepala Manyung ini dibikin masakan Mangut. Masakan dengan kuah santan dan cabe yang pedasnya nendang.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Mangut Kepala Manyung yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved