Cara Gampang Menyiapkan Mangut Kepala Manyung (Tanpa Santan), Lezat Sekali

Charlie Long   25/10/2020 01:21

Mangut Kepala Manyung (Tanpa Santan)
Mangut Kepala Manyung (Tanpa Santan)

Sedang mencari inspirasi resep mangut kepala manyung (tanpa santan) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut kepala manyung (tanpa santan) yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Resep Mangut Kepala Manyung (Tanpa Santan). Ceritanya tukang sayur bawa ndas ( kepala) manyung kok ya ngiler pengin dimasak mangut yang agak pedes. Berhubung lagi ngurangin santan jadi mangutnya tanpa santan.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut kepala manyung (tanpa santan), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan mangut kepala manyung (tanpa santan) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan mangut kepala manyung (tanpa santan) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Mangut Kepala Manyung (Tanpa Santan) memakai 19 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Mangut Kepala Manyung (Tanpa Santan):
  1. Siapkan 4 bh kepala manyung
  2. Ambil 6 bh tahu goreng
  3. Ambil 3 lbr daun jeruk
  4. Siapkan 3 lbr daun salam
  5. Ambil 2 ruas lengkuas, memarkan
  6. Gunakan 6 bh cabe ijo besar, potong serong
  7. Gunakan 1 genggam ale (kecambah kedele)
  8. Sediakan 8 bh cabe rawit
  9. Sediakan 700 ml air
  10. Sediakan secukupnya garam gula pasir dan kaldu bubuk jamur
  11. Ambil Bumbu halus :
  12. Ambil 5 siung bawang merah
  13. Sediakan 4 siung bawang putih
  14. Sediakan 3 bh cabe merah
  15. Sediakan 5 bh cabe rawit
  16. Ambil 1 sdt ketumbar
  17. Ambil 1 ruas kunyit
  18. Sediakan 1 ruas jahe
  19. Ambil 3 btr kemiri bakar

Lihat juga resep Mangut Sambel Panggang (Semarang) enak lainnya. Jakarta - Di sini ada mangut kepala manyung pedas menggigit plus botok petai cina. Dibuat dengan resep turun-temurun selama tiga generasi, restoran ini punya banyak penggemar. Sedangkan ikan Manyung selain dagingnya yang di asap.kepalanya juga di jadikan olahan asap yang di sebut kepala manyung atau di sebut juga ndas manyung.

Langkah-langkah membuat Mangut Kepala Manyung (Tanpa Santan):
  1. Cuci bersih kepala manyung dan uleg semua bumbu halus.
  2. Tumis bumbu halus, daun jeruk, daun salam dan lengkuas hingga harum. Lalu masukkan cabe ijo besar dan ale tumis sebentar.
  3. Setelah itu masukkan kepala manyung, tambahkan air. Setelah mendidih masukkan tahu dan cabe rawit, masak hingga kuah menyusut dan koreksi rasanya.
  4. Dan mangut kepala manyung siap disajikan.

Ada salah satu kuliner pesisir di sini yaitu Mangut. Masakan mangut ini adalah masakan berkuah santan yang terkenal pedas, dengan bahan utama ikan pari asap atau iwak pe asap atau ikan manyung. Mangut merupakan salah satu jenis olahan makanan yang banyak digemari oleh banyak orang. Mengingat rasanya yang lezat, maka tidak heran jika banyak sekali pecinta kuliner yang gemar mengonsumsi makanan satu ini. Mangut bisa dibuat dari beragam cara, salah satunya dengan menggunakan ikan manyung.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan mangut kepala manyung (tanpa santan) yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved