Bagaimana Menyiapkan Mangut manyung, Enak

Evelyn Harrington   11/11/2020 16:27

Mangut manyung
Mangut manyung

Lagi mencari inspirasi resep mangut manyung yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut manyung yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut manyung, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan mangut manyung yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

If you are looking for a traditional culinary challenge, here is the place. Mangut Kepala Manyung is a special traditional north costal area of Java dish which not many people are able to make it 'right' nowadays. It is a rich, thick seasoned curry-like dish. that is very spicy to some people but even then you can hardly stop eating it.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat mangut manyung yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Mangut manyung memakai 18 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Mangut manyung:
  1. Siapkan 3 Iwak manyung asap
  2. Siapkan 1 santan kara
  3. Sediakan 7 Cabe hijau (iris serong)
  4. Ambil 5 Cabe rawit (utuh)
  5. Gunakan 2 Tomat (belah 4)
  6. Sediakan 10 mata petai
  7. Gunakan Lengkuas
  8. Gunakan Daun jeruk
  9. Sediakan Serai
  10. Ambil Garam
  11. Gunakan Penyedap/gula (optional)
  12. Gunakan 🍲Bumbu halus::
  13. Ambil 1 sdm Bumbu dasar putih
  14. Siapkan 1 sdt Ketumbar bubuk
  15. Ambil 1 kuku Kencur
  16. Sediakan 1/4 sdt Kunyit bubuk
  17. Sediakan Terasi
  18. Gunakan Gula jawa

Pasalnya, olahan masakan berbahan dasar Ndas Manyung (kepala ikan manyung) itu memiliki rasa sangat pedas. Di sini ada mangut kepala manyung pedas menggigit dan botok petai cina. Dibuat dengan resep turun-temurun selama tiga generasi, resto ini punya banyak penggemar. mangut manyung, sungguh asing banget di telinga ku mbaa. baru tau aku ada makanan kayak begini, padahal ku orang jawa tapi nda tau. hihi. ngeliat foto-foto dan baca ulasan mba fanny membuat ku berkali-kali menelan ludah. duh, ngiler mbaa pengen nyoba juga. selain di cempaka putih, di jakarta ada lagi gak ya yg jual mangut manyung ini? Mangut Manyung merupakan masakan berkuah santan dengan rasa yang pedas.

Langkah-langkah membuat Mangut manyung:
  1. Tumis bumbu halus dengan lengkuas hingga harum. Lalu beri air, cabe rawit, garam,gula/penyedap masak hingga mendidih.
  2. Lalu masukkan iwak manyung, beri cabe hijau+tomat+ petai biarkan bumbu meresap. Cek rasa. Sajikan
  3. Dengan cauliflower rice… Debm menu

Masakan ini memakai ikan Manyung sebagai bahan dasar pengolahan. Bagian kepala ikan yang sering dipilih untuk diolah, tetapi anda juga dapat mempergunakan bagian daging tubuh ikan. Nah, komplit deh cara masak Mangut Ndas Manyung atau bahan apapun untuk menjadi pelengkapnya. Jadi kalo kalian sedang di Semarang, jangan ragu untuk menyesap sedapnya Mangut Ndas Manyung ya. Jangan heran bila kalian kelak akan menyicipinya lagi bila berkunjung ke Semarang.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan mangut manyung yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved