Resep Mangut ikan asap manyung Anti Gagal

Etta Guerrero   26/06/2020 04:49

Mangut ikan asap manyung
Mangut ikan asap manyung

Anda sedang mencari ide resep mangut ikan asap manyung yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut ikan asap manyung yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Satu lagi masakan favorit keluarga besarku. Ikan Manyung ini dimasak mangut, bisa jg diganti ikan Tongkol atau yg ikan yg lainnya. Jangan skip kencur ya karena rasanya akan jauh be.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut ikan asap manyung, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan mangut ikan asap manyung enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan mangut ikan asap manyung sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Mangut ikan asap manyung menggunakan 20 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Mangut ikan asap manyung:
  1. Gunakan 3 ikan asap manyung
  2. Ambil 3 tahu coklat
  3. Sediakan 6 tangkai kemangi (hanya daunnya)
  4. Gunakan 2 buah tomat merah
  5. Sediakan 5 buah cabe merah
  6. Sediakan 5 buah cabe hijau
  7. Siapkan 5 buah cabe setan
  8. Siapkan 1 lembar daun salam
  9. Siapkan 1/2 ruas jari lengkuas (geprek)
  10. Siapkan Sereh
  11. Sediakan 1 bungkus santan kara
  12. Sediakan Bumbu halus :
  13. Sediakan 2 butir bawang putih
  14. Ambil 4 butir bawang merah
  15. Sediakan 3 buah cabe setan
  16. Gunakan 1/2 ruas jari kencur
  17. Gunakan 2 lembar daun jeruk (buang tulangnya)
  18. Gunakan 1/2 ruas jari kunyit
  19. Ambil 1/2 sdt ketumbar
  20. Siapkan 2 butir kemiri

Berasa sekali sisa asap habis dibakar yang lalu dimasak kuah santan mangut,sehingga saat disantap masih meninggalkan harum bakar berpadu dengan gurih. Ndas adalah sebutan dalam bahasa Jawa, yang artinya kepala. Dan Manyung adalah salah satu jenis ikan yang paling favorit dijadikan ikan asap. Jadi Ndas Manyung adalah kuliner yang berasal dari kepala ikan Manyung.

Cara membuat Mangut ikan asap manyung:
  1. Cuci ikan asap sampai bersih, iris segitiga atau kotak2 tahu coklat
  2. Tumis semua bumbu halus dan sereh salam lengkuas sampai matang. Tambahkan secukupnya air
  3. Masukkan tahu yg sudah di potong2. Tambahkan santan kara
  4. Masukkan ikan asap dan tomat yg sudah di iris. Tambahkan garam, gula (penyedap rasa jika suka)
  5. Terakhir masukan daun kemangi yg sudah dicuci bersih. Tunggu sampai mendidih dan matang dan kuah berkurang smpai bumbu benar2 meresap.
  6. Sajikan dengan nasi hangat dan kerupuk. dijamin endeessss

Kepala Manyung ini dibikin masakan Mangut. Masakan dengan kuah santan dan cabe yang pedasnya nendang. Berbicara tentang ikan asap, Kota Semarang memiliki sentra pengasapan ikan yang berada di Kelurahan Bandarharjo, Semarang Utara. Memasuki area ini, pengunjung akan disambut dengan aroma amis ikan segar dan aroma khas ikan asap. Mangut ikan pe ini biasanya dicampur dengan tahu atau tempe supaya lebih kaya rasa.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat mangut ikan asap manyung yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved