Resep Mangut ndas manyung Anti Gagal

Adelaide Henderson   29/07/2020 03:29

Mangut ndas manyung
Mangut ndas manyung

Anda sedang mencari ide resep mangut ndas manyung yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut ndas manyung yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut ndas manyung, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan mangut ndas manyung enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Lihat juga resep Kepala manyung/mangut semarang enak lainnya. Proses memasak Mangut Ndas Manyung, tidak terlalu sulit. Setelah ikannya dibersihkan lalu dikukus supaya bau amisnya hilang. "Tumis dulu rempah-rempahnya seperti bawang merah, bawang putih, sereh, daun jeruk, kencur, kunyit, cabe merah, daun lengkuas, daun salam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat mangut ndas manyung sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Mangut ndas manyung menggunakan 19 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Mangut ndas manyung:
  1. Gunakan 2 kepala manyung besar
  2. Siapkan 4 tempe bungkus daun kecil- kecil
  3. Sediakan 3 tahu (dipotong jadi 2)
  4. Gunakan 4 siung bawang putih (diiris)
  5. Gunakan 4 siung bawang merah (diiris)
  6. Ambil 3 buah cabe merah besar (diiris)
  7. Sediakan 10 buah cabe rawit (me : pake rawit setan) (diiris)
  8. Sediakan 4 tomat hijau (dipotong jadi 4 bagian)
  9. Gunakan 10 buah belimbing sayur (dipotong jadi 2 bagian)
  10. Ambil 2 buah kencur (pake yg agak besar, dihaluskan)
  11. Ambil 4 lembar daun jeruk (disobek2)
  12. Sediakan 2 lembar salam
  13. Sediakan 2 ruas lengkuas
  14. Gunakan 2 buah serai
  15. Sediakan Santan (pake santan kara yg kecil 2 bungkus)
  16. Ambil secukupnya Garam
  17. Gunakan 2 ruas gula jawa
  18. Gunakan 1 sdm gula pasir
  19. Sediakan secukupnya Air

Dan Manyung adalah salah satu jenis ikan yang paling favorit dijadikan ikan asap. Jadi Ndas Manyung adalah kuliner yang berasal dari kepala ikan Manyung. Kepala Manyung ini dibikin masakan Mangut. Mangut Ndas Manyung berisi kepala ikan manyung yang sudah melalui proses pengasapan.

Cara membuat Mangut ndas manyung:
  1. Tumis bawang putih, bawang merah hingga harum, lalu masukan cabe, salam, lengkuas, daun jeruk, serai, kencur hingga matang.
  2. Setelah matang masukkan santan dan air, garam, gula jawa, gula pasir, tempe, tahu (koreksi rasa)
  3. Kita tunggu selama 15 mnt. Setelah 15 mnt masukkan kepala manyung tunggu hingga mendidih, tunggu 10 mnt lagi lalu matikan kompor.
  4. Sajikan dengan nasi putih hangat dan kerupuk terung. 👍👍

Sedangkan Mangut Iwak Manyung berisi daging ikan manyung asap. Jakarta - Di sini ada mangut kepala manyung pedas menggigit plus botok petai cina. Dibuat dengan resep turun-temurun selama tiga generasi, restoran ini punya banyak penggemar. Ya, Mangut Ikan Manyung ala Bu Fat. Deretan mobil terparkir rapi hingga bahu jalan, resto Kepala Manyung bu Fat kerap disesaki pembeli di siang hingga sore hari.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan mangut ndas manyung yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved