Resep Mangut kepala manyung yang Enak Banget

Mabelle Reid   01/10/2020 23:45

Mangut kepala manyung
Mangut kepala manyung

Sedang mencari ide resep mangut kepala manyung yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut kepala manyung yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut kepala manyung, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan mangut kepala manyung yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Jakarta - Di sini ada mangut kepala manyung pedas menggigit plus botok petai cina. Dibuat dengan resep turun-temurun selama tiga generasi, restoran ini punya banyak penggemar. Mangut Kepala Manyung is a special traditional north costal area of Java dish which not many people are able to make it 'right' nowadays.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat mangut kepala manyung yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Mangut kepala manyung memakai 13 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Mangut kepala manyung:
  1. Ambil 2 buah kepala manyung ukuran sedang
  2. Siapkan 300 ml santan kental
  3. Siapkan 7 buah cabe rawit (boleh di tambah atau di kurangi)
  4. Siapkan 11 buah came merah keriting
  5. Sediakan 4 siung bawang merah
  6. Sediakan 3 siung bawang putih
  7. Sediakan 2 lembar daun salam
  8. Sediakan 3 lembar daun jeruk
  9. Ambil 1/2 ruas jari kunyit
  10. Siapkan 1/2 ruas jari kencur
  11. Ambil lengkuas
  12. Ambil gula, garam, penyedap (saya pakai kaldu jamur)
  13. Sediakan secukupnya minyak goreng

Bagi yang gemar menyantap makanan pedas bisa mencoba Mangut Ndas Manyung. Pasalnya, olahan masakan berbahan dasar Ndas Manyung (kepala ikan manyung) itu memiliki rasa sangat pedas. Sedangkan Bumbu untuk membuat Mangut Ndas Manyung yaitu bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit hijau rebus, kemiri, kencur, kunyit, lengkuas, daun salam, daun jeruk, garam, dan penyedap secukupnya. Rasa dari mangut di Warung Makan Kepala Manyung Bu Fat ini adalah gurih dan pedas.

Cara membuat Mangut kepala manyung:
  1. Haluskan duo bawang, duo cabe, kunyit, dan kencur tumis sampai harum, masukan daun salam, daun jeruk, dan lengkuas kemudian tambahkan air
  2. Masukan kepala manyung bumbui gula, garam, dan kaldu jamur, tunggu sampai benar benar meresap dan kuah agak menyusut
  3. Kemudian masukan santan sambil terus diaduk2 biar tidak pecah setelah mendidih, angkat dan sajikan

Karena itulah, buat kamu yang kurang gemar dengan kuliner pedas, bisa kurang-kurangi cabainya. Warung makan Kepala Ikan Manyung Bu Fat, kuliner khas Semarang Juara, menyediakan kepala ikan manyung mangut yang rasanya menantang warga republik kuliner. Salah satunya, adalah mangut kepala manyung atau mangut ndas manyung. Sejatinya, hidangan ini merupakan semacam gulai bercita rasa pedas. Isiannya cuma satu: kepala ikan manyung berukuran jumbo.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan mangut kepala manyung yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved