Bagaimana Membuat Mangut Ikan Manyung/Pari Tahu Coklat yang Enak

Josie Mitchell   07/10/2020 03:50

Mangut Ikan Manyung/Pari Tahu Coklat
Mangut Ikan Manyung/Pari Tahu Coklat

Sedang mencari inspirasi resep mangut ikan manyung/pari tahu coklat yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut ikan manyung/pari tahu coklat yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Resep Mangut Ikan Manyung/Pari Tahu Coklat. Pulang kampung sengaja pagi² ke pasar yg di cari ikan manyung/pari atau bisa disebut jg ikan cucut, rindu dan kangen masakan mangut ala² daerah pesisir pantai utara tempat daerah asalku, lengkap sudah puasa kali ini ditutup dng makanan yg satu ini yg. Lihat juga resep Mangut kepala manyung tahu tempe enak lainnya.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut ikan manyung/pari tahu coklat, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan mangut ikan manyung/pari tahu coklat enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah mangut ikan manyung/pari tahu coklat yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Mangut Ikan Manyung/Pari Tahu Coklat menggunakan 23 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Mangut Ikan Manyung/Pari Tahu Coklat:
  1. Siapkan 10 potong daging ikan asap manyung/pari
  2. Siapkan 5 potong tahu coklat
  3. Ambil 7 buah cabe hijau, iris halus
  4. Ambil 4 buah cabe merah, iris halus
  5. Siapkan 5 buah cabe rawit tua, iris halus
  6. Siapkan 65 ml santan instan (kara kecil)
  7. Sediakan 3 lembar daun salam
  8. Ambil 2 batang serai, ambil putihnya memarkan
  9. Sediakan 2 buah tomat, potong memanjang
  10. Sediakan 1 ruas jahe, memarkan
  11. Ambil 1 ruas lengkuas, memarkan
  12. Ambil Secukupnya garam
  13. Ambil Secukupnya gula merah
  14. Siapkan Secukupnya minyak goreng untuk menumis
  15. Gunakan Bumbu Halus :
  16. Siapkan 5 siung bawang merah
  17. Gunakan 4 siung bawang putih
  18. Sediakan 1 ruas jempol kencur
  19. Sediakan 1 sdm ketumbar
  20. Gunakan 2 buah cabe rawit
  21. Sediakan 2 buah cabe merah besar
  22. Siapkan 1,5 liter air
  23. Gunakan 1 ruas jari kunyit

Bahan utamanya memang bisa ikan asap apa aja. Mulai dari Kepala Manyung, Belut asap, Ikan Tongkol asap, Daging Manyung, Ikan Pe atau Pari. Saya paling suka menambahkan tempe, tahu, atau sayur Krai untuk pelengkapnya. Niatan ke pasar pagi ini unutk belanja ikan bandeng.

Cara membuat Mangut Ikan Manyung/Pari Tahu Coklat:
  1. Cuci bersih ikan asap manyung/pari dan jg tahu coklat, tiriskan.
  2. Tumis bumbu halus, bersama cabe hijau iris, cabe merah iris, cabe rawit tua iris, daun salam, serai, jahe dan lengkuas tumis hingga harum.
  3. Masukkan daging ikan asap manyung/pari, lalu tambahkan air dan aduk rata, masak hingga matang.
  4. Tambahkan tahu coklat dan tomat aduk rata, lalu masukkan santan instan tambahkan garam dan gula merah, aduk rata hingga mendidih lalu tes rasa, angkat dan sajikan dng taburan bawang goreng.

Mau praktek buat homemade bandeng presto. Eeeh ketemu juga sama tukang jual ikan pari asap. Girang bukan kepalang, jadi sekalian buat mangut ikan pari asap deh. Versi saya cabai rawit yang dihaluskan agak banyak aja. Maklum saya dan suami "setan pedas".

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Mangut Ikan Manyung/Pari Tahu Coklat yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved